PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INVESTIGASIKELOMPOK DAPAT MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 AIKMEL TAHUN AJARAN 2011/2012

HIDAYATI, MANAL (2011) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INVESTIGASIKELOMPOK DAPAT MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 AIKMEL TAHUN AJARAN 2011/2012. S1 thesis, Universitas Mataram.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok terhadap peningkatan penguasaan konsep dan keterampilan proses sains siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Aikmel Tahun Ajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan populasi penelitian meliputi seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Aikmel. Sampel penelitian terdiri atas dua kelas yaitu kelas VIIIB sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIC sebagai kelas kontrol. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik Cluster Random Sampling. Instrumen penelitian berupa tes penguasaan konsep dan keterampilan proses sains serta lembar observasi keterampilan proses sains. Model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok diterapkan pada kelas eksperimen sedangkan pada kelas kontrol menggunakan pembelajaran eksperimen biasa. Data penguasaan konsep dan keterampilan proses sains dianalisis secara statistik menggunakan uji-t pada taraf signifikan 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pre-test dan post- test penguasaan konsep untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing sebesar 45.47, 42.27 dan 72.13 dan 62.53 . Nilai rata-rata post-test keterampilan proses sains untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing sebesar 81.72 dan 60.35. Hasil uji-t menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dalam hal penguasaan konsep ( t hitung 4.59 > t tabel 2,06 dan keterampilan proses sains ( t hitung 9.54 > t tabel 2.01). Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok dapat meningkatkan penguasaan konsep dan keterampilan proses sains siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Aikmel Tahun Ajaran 2011/2012.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Investigasi kelompok, penguasaan konsep, keterampilan proses
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 05 Jul 2018 01:48
Last Modified: 05 Jul 2018 01:48
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/4920

Actions (login required)

View Item View Item