PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KUANTUM TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIII MTS DARUL QURAN BENGKEL TAHUN AJARAN 2010/2011

Handika, Ilham (2011) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KUANTUM TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIII MTS DARUL QURAN BENGKEL TAHUN AJARAN 2010/2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi final dan lampiran.doc
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh model pembelajaran kuantum terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VIII MTs Darul Quran tahun ajaran 2010/2011. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Darul Quran. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik Cluster Random Sampling. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yakni kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan VIII A sebagai kelas kontrol, dengan jumlah siswa kedua kelas sampel sebanyak 80 orang. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar. Data hasil belajar siswa dianalisis dengan menggunakan uji-t menggunakan rumus polled varian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata untuk kelas kontrol sebesar 60,38 dan kelas eksperimen sebesar 70,96. Analisis uji statistik pada taraf signifikansi 5% menunjukkan bahwa thitung ( 4,98) > ttabel (1,67), sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif model pembelajaran kuantum terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VIII MTs Darul Quran tahun ajaran 2010/2011

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pembelajaran kuantum, hasil belajar
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 05 Jul 2018 01:47
Last Modified: 05 Jul 2018 01:47
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/4925

Actions (login required)

View Item View Item