PERBEDAAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI ANTARA PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN METODE DISKUSI PADA SISWA KELAS VIII SMPN 3 KURIPAN TAHUN AJARAN 2010/2011 SKRIPSI

Abdullah, Abdullah (2011) PERBEDAAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI ANTARA PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN METODE DISKUSI PADA SISWA KELAS VIII SMPN 3 KURIPAN TAHUN AJARAN 2010/2011 SKRIPSI. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
ABDULLAH_E1A007001.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (334kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA Biologi antara pembelajaran metode Jigsaw dengan metode Diskusi pada siswa kelas VIII SMPN 3 Kuripan tahun ajaran 2010/2011. Jenis penelitian ini adalah causal comparative studies dengan desain penelitian randomized experiment group. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kuripan. Sampel penelitian yaitu siswa kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas VIIIC sebagai kelas eksperimen 2 yang ditentukan dengan teknik Cluster Random Sampling. Instrumen penelitian adalah tes hasil belajar. Penelitian ini di lakukan dengan memberikan Pre-test kepada Kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2 kemudian diberikan perlakuan dengan pembelajaran yang berbeda dan diakhiri dengan memberikan post-test. Nilai rata-rata pre-test kelas eksperimen I adalah 4,22 dan 4,15 pada kelas eksperimen II. Setelah menerima perlakuan dengan pembelajaran yang berbeda berupa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw untuk kelas eksperimen 1 dan metode Diskusi untuk kelas eksperimen 2, diperoleh nilai rata-rata post-test kelas eksperimen 1 adalah 7,87 dan 7,06 pada kelas eksperimen 2. Dari uji hipotesis dua pihak menggunakan uji t rumus polled varians diperoleh harga thitung (3,593) > ttabel (2,655) pada taraf kesalahan 1%, yang berarti terdapat perbedaan hasil belajar IPA Biologi yang sangat signifikan antara pembelajaran metode Jigsaw dengan metode diskusi dan hasil belajar dengan pembelajaran metode Jigsaw lebih tinggi dari metode diskusi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Hasil belajar, pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, metode diskusi.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 05 Jul 2018 01:46
Last Modified: 05 Jul 2018 01:46
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/4930

Actions (login required)

View Item View Item