EFEKTIVITAS PENGGUNAAN POSTER PUZZLE TERHADAP AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMP NEGERI 4 NARMADA TAHUN AJARAN 2010/2011

SARI, FATIMAH NURMALA (2011) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN POSTER PUZZLE TERHADAP AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMP NEGERI 4 NARMADA TAHUN AJARAN 2010/2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Efektifitas penggunaan poster puzzile terhdp aktivitas dan prestasi bel siswa SMPN 4 Narmada ta 2010.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Biologi merupakan mata pelajaran yang tidak hanya mengajarkan bagaimana menguasai fakta-fakta tetapi juga melakukan berbagai proses penemuan, sehingga peran media sebagai alat bantu belajar sangat dibutuhkan untuk memberikan pengetahuan yang konkret pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan poster puzzle terhadap aktivitas dan prestasi belajar siswa SMP Negeri 4 Narmada tahun ajaran 2010/2011. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian kelompok tes awal dan tes akhir (Pre-test and Post-test Group Design). Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII di SMP Negeri 4 Narmada. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling dan yang terpilih adalah VII D sebagai kelas kontrol dan VII E sebagai kelas eksperimen. Kelas eksperimen diberikan perlakuan berupa penggunaan media poster puzzle dan kelas VII D sebagai kelas kontrol diberikan perlakuan berupa pembelajaran tanpa penggunaan media poster puzzle. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru dalam pembelajaran telah terlaksana dengan baik. Hasil análisis diskriptif aktivitas siswa dengan pedoman skala Likert menunjukkan bahwa aktivitas siswa kelas kontrol pada pertemuan I dan pertemuan II berkategori cukup aktif, sedangakan kelas eksperimen pada pertemuan I dan pertemuan II berkategori aktif. Angket tanggapan siswa terhadap penggunaan poster puzle sebagai media pembelajaran Biologi dianalisis secara diskriptif dengan pedoman skala Likert yang hasilnya menunjukkan bahwa siswa menanggapi baik terhadap penggunaan poster teka-teki sebagai media pembelajaran. Nilai rata-rata pre-test pada kelas kontrol adalah 57 dan post-test adalah 69, sedangkan nilai rata-rata pre-test pada kelas eksperimen adalah 44 dan post-test adalah 77. Prestasi belajar biologi dianalisis dengan uji-t pada = 5%. Hasil uji t menunjukkan nilai t hitung > t tabel (t hitung=6,486 dan t tabel=1,996). Jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan poster puzzle efektif dalam meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa pada pokok bahasan ekosistem di SMP Negeri 4 Narmada Tahun Ajaran 2010/2011.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Poster bongkar pasang, prestasi belajar.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 05 Jul 2018 01:45
Last Modified: 05 Jul 2018 01:45
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/4936

Actions (login required)

View Item View Item