PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK TAKE AND GIVE (MEMBERI DAN MENERIMA) TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X SMAN 1 GUNUNGSARI TAHUN AJARAN 2009/2010

NURHAFAZAH, NURHAFAZAH (2010) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK TAKE AND GIVE (MEMBERI DAN MENERIMA) TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X SMAN 1 GUNUNGSARI TAHUN AJARAN 2009/2010. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB I.doc
Restricted to Repository staff only

Download (42kB)
[img] Text
BAB II.doc
Restricted to Repository staff only

Download (61kB)
[img] Text
BAB III.doc
Restricted to Repository staff only

Download (114kB)
[img] Text
BAB IV.doc
Restricted to Repository staff only

Download (175kB)
[img] Text
BAB V.doc
Restricted to Repository staff only

Download (43kB)
[img] Text
BAB VI.doc
Restricted to Repository staff only

Download (26kB)

Abstract

Kemampuan dan kreatifitas guru dalam mengelola pembelajaran ikut berperan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di dalam kelas. Oleh karena itu guru dituntut agar mampu merancang proses pembelajaran yang menyenangkan, salah satunya adalah model pembelajaran kooperatif teknik take and give. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif teknik take and give (memberi dan menerima) terhadap hasil belajar Biologi siswa kelas X di SMA Negeri 1 Gunungsari tahun ajaran 2009/2010. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, dengan sampel terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas X5 sebagai kelas eksperiman dan kelas X7 sebagai kelas kontrol . Data hasil belajar siswa dianalisis secara statistik menggunakan uji-t pada taraf kepercayaan 95% dengan dk untuk n1 = 39 yaitu 2,024 dan dk untuk n2 = 36 yaitu 2,030. Hasil uji-t yang dilakukan diperoleh hasil thitung > t tabel (8,005 > 2,018), dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif teknik take and give (memberi dan menerima) dapat meningkatkan hasil belajar Biologi siswa kelas X di SMA Negeri 1 Gunungsari tahun ajaran 2009/2010. Kemampuan dan kreatifitas guru dalam mengelola pembelajaran ikut berperan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di dalam kelas. Oleh karena itu guru dituntut agar mampu merancang proses pembelajaran yang menyenangkan, salah satunya adalah model pembelajaran kooperatif teknik take and give. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif teknik take and give (memberi dan menerima) terhadap hasil belajar Biologi siswa kelas X di SMA Negeri 1 Gunungsari tahun ajaran 2009/2010. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, dengan sampel terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas X5 sebagai kelas eksperiman dan kelas X7 sebagai kelas kontrol . Data hasil belajar siswa dianalisis secara statistik menggunakan uji-t pada taraf kepercayaan 95% dengan dk untuk n1 = 39 yaitu 2,024 dan dk untuk n2 = 36 yaitu 2,030. Hasil uji-t yang dilakukan diperoleh hasil thitung > t tabel (8,005 > 2,018), dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif teknik take and give (memberi dan menerima) dapat meningkatkan hasil belajar Biologi siswa kelas X di SMA Negeri 1 Gunungsari tahun ajaran 2009/2010.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pembelajaran kooperatif, take and give, hasil belajar
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 02 Jul 2018 07:14
Last Modified: 02 Jul 2018 07:14
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/4955

Actions (login required)

View Item View Item