PERBANDINGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X PADA PELAJARAN BIOLOGI BERDASARKAN PERBEDAAN JENIS DAN STATUS SEKOLAH DI KABUPATEN LOMBOK TIMUR

MUSTIYAWAN, RULI (2010) PERBANDINGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X PADA PELAJARAN BIOLOGI BERDASARKAN PERBEDAAN JENIS DAN STATUS SEKOLAH DI KABUPATEN LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB 123456.doc
Restricted to Repository staff only

Download (332kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan kemampuan berpikir kiritis siswa berdasarkan perbedaan jenis dan status sekolah. Jenis penelitian ini adalah penelitian komparatif. Subyek pada penelitian adalah siswa kelas X pada empat sekolah dengan jenis dan status berbeda di Kabupaten Lombok Timur yaitu, SMAN 1 Sikur, SMA Muhammadiyah, MAN Selong dan MA NW Pancor. Pengambilan data menggunakan tes dalam bentuk essay yang terdiri dari enam butir pertanyaan yang sudah teruji validitas dan realibilitasnya. Analisis statistik menggunakan Uji t. Hasil penelitian menujukkan persentase rata-rata skor kemampuan berpikir kritis siswa secara berturut-turut adalah SMAN 1 Sikur dengan 66,71%, MAN Selong dengan 64,57%, MA NW Pancor dengan 55,57% dan SMA Muhammadiyah dengan 55,00%. Pengujian hipotesis dengan uji t menujukkan bahwa tidak terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis yang signifikan antara siswa kelas X yang bersekolah di SMA dengan MA pada pelajaran biologi di Kabupaten Lombok Timur. Dan terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis yang signifikan antara siswa kelas X yang bersekolah di sekolah Negeri dengan yang bersekolah di sekolah Swasta pada pelajaran biologi di Kabupaten Lombok Timur.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Berpikir kritis, jenis sekolah, status sekolah.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 05 Jul 2018 01:42
Last Modified: 05 Jul 2018 01:42
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/4963

Actions (login required)

View Item View Item