PERBEDAAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE DIVISI PEROLEHAN KELOMPOK SISWA (student teams achievement divisions) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MELENGKAPI KALIMAT (complete sentence) PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 SELONG TAHUN PELAJARAN 2010/2011

Basri, Hasan (2010) PERBEDAAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE DIVISI PEROLEHAN KELOMPOK SISWA (student teams achievement divisions) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MELENGKAPI KALIMAT (complete sentence) PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 SELONG TAHUN PELAJARAN 2010/2011. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
bab 1-3.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (482kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar biologi menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe divisi perolehan kelompok siswa (student teams achievement divisions) dengan model pembelajaran kooperatif tipe melengkapi kalimat (Complete Sentence) pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Selong tahun pelajaran 2010/2011. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Selong dengan sampel penelitian siswa kelas VIII.A yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement divisions dan kelas VIII.C diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Complete Sentence. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Data diperoleh antara lain berupa pre test, post test, lembar observasi aktivitas siswa dan guru, serta lembar penilaian afektif dan psikomotor. Data hasil penelitian diperoleh dengan menggabungkan hasil penilaian kognitif, afektif dan psikomotorik yang kemudian rata-ratanya dianalisis secara statistik menggunakan uji-t polled varians (pada α: 5%). Hasil analisis uji-t yang dilakukan menunjukkan bahwa thitung > ttabel (2,32 > 1.99) dengan ini Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar biologi menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe divisi perolehan kelompok siswa (student teams achievement divisions) dengan model pembelajaran kooperatif tipe melengkapi kalimat (Complete Sentence) pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Selong tahun pelajaran 2010/2011 pada pokok bahasan sistem pernapasan pada manusia.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Hasil belajar, student teams achievement divisions, Complete Sentence
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 05 Jul 2018 01:42
Last Modified: 05 Jul 2018 01:42
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/4964

Actions (login required)

View Item View Item