PERBANDINGAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MENGGUNAKAN PENDEKATAN MENCARI PASANGAN KARTU DENGAN PENDEKATAN BERFIKIR BERPASANGAN BERBAGI DI KELAS VII SMPN 4 JONGGAT TAHUN AJARAN 2009/2010

MARIYANI, MARIYANI (2010) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MENGGUNAKAN PENDEKATAN MENCARI PASANGAN KARTU DENGAN PENDEKATAN BERFIKIR BERPASANGAN BERBAGI DI KELAS VII SMPN 4 JONGGAT TAHUN AJARAN 2009/2010. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
COVER.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar biologi menggunakan pendekatan berfikir berpasangan berbagi dan pendekatan mencari pasangan kartu di kelas VII SMPN 4 Jonggat tahun ajaran 2009/2010. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain penelitian Pre-test and Post-test Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 4 Jonggat dengan sampel penelitian siswa kelas VIIA sebagai kelas yang menggunakan pendekatan berfikir berpasangan berbagi dan VIIB sebagai kelas yang menggunakan pendekatan mencari pasangan kartu. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar, pedoman observasi aktivitas guru, pedoman observasi aktivitas siswa, dan angket respon siswa. Hasil belajar biologi dianalisis dengan uji-t pada taraf signifikan 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pre-test pada kelas yang menggunakan pendekatan berfikir berpasangan berbagi sebesar 37,826 dan post-test sebesar 75,17, sedangkan nilai rata-rata pre-test pada kelas yang menggunakan pendekatan mencari pasangan kartu sebesar 40,36 dan post-test sebesar 66,93. Hasil uji-t menggunakan rumus polled varians diperoleh nilai t-hitung (2,252) lebih besar dari t-tabel (2,021) yang berarti terdapat perbedaan hasil belajar biologi yang signifikan antara kelas yang menggunakan pendekatan berfikir berpasangan berbagi dengan pendekatan mencari pasangan kartu. Kesimpulan hasil penelitian ini bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas yang menggunakan pendekatan berfikir berpasangan berbagi dengan pendekatan mencari pasangan kartu

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pendekatan berfikir berpasangan berbagi, pendekatan mencari pasangan kartu, hasil belajar
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 05 Jul 2018 01:42
Last Modified: 05 Jul 2018 01:42
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/4965

Actions (login required)

View Item View Item