RAHMAWATI, RAHMAWATI (2010) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BIOLOGI DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL (CONTEKSTUAL TEACHING AND LEARNING/CTL) BERBASIS INKUIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII SMPN 1 GUNUNG SARI TAHUN PELAJARAN 2008-2009. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
Apa Tujuanmu.rtf Restricted to Repository staff only Download (20kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pembelajaran Biologi dengan menggunakan pendekatan Kontekstual yang berbasis Inkuiri terhadap prestasi belajar siswa kelas VII SMPN 1 Gunung Sari. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, dengan desain Pre Tes dan Post Test Group Desain. Populasinya adalah semua siswa kelas VII SMPN 1 Gunung Sari. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Cluster Random Sampling dan yang terpilih sebagai kelas penelitian adalah kelas VII A dan VII C. Kelas VIIA sebagai kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan metode inqiry sedangkan kelas VII C sebagai kelas kontrol diberikan perlakuan dengan metode ceramah. Data hasil penelitian berupa nilai prestasi belajar biologi. Prestasi belajar biologi dianalisis dengan uji-t pada taraf signifikan 95%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata per tes pada kelas kontrol sebesar 33,31 dan pos test sebesar 51,52. Sedangkan nilai rata-rata pre tes pada kelas eksperimen sebesar 30,44 dan pos test sebesar 64. Hasil Uji t menunjukan nilat t hitung (4,22) > t tabel (1,67) yang berarti bahwa pembelajaran biologi dengan menggunakan pendekatan kontekstual berbasis nquiry efektif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VII di SMPN 1 Gunung Sari tahun 2008-2009.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | biologi dengan menggunakan pendekatan kontekstual berbasis nquiry efektif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Rini Trisnawati |
Date Deposited: | 05 Jul 2018 01:42 |
Last Modified: | 05 Jul 2018 01:42 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/4968 |
Actions (login required)
View Item |