PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK KANCING GEMERINCING TERHADAP PRESTASI BELAJAR FISIKA DI SMPN 19 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2009/2010

ANGGRAENI S., DWI ANDRY (2010) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK KANCING GEMERINCING TERHADAP PRESTASI BELAJAR FISIKA DI SMPN 19 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2009/2010. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB I,II,III,IV,V.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (628kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif teknik kancing gemerincing terhadap prestasi belajar fisika siswa dan respon siswa terhadap kegiatan pembelajaran di kelas. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik cluster random sampling, sehingga diperoleh kelas VII-B sebagai kelas kontrol dan kelas VII-D sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes prestasi belajar, angket dan pedoman wawancara. Data prestasi belajar dianalisis dengan menggunakan uji-t sedangkan data respon siswa yang diperoleh dari angket dianalisis dengan menggunakan norma absolut skala 5. Dari hasil analisis diperoleh thitung = 4,878 dan ttabel = 1,672 pada taraf signifikan 5%. Karena thitung > ttabel atau 4,878 > 1,672 maka hipotesis Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini berarti bahwa model pembelajaran kooperatif teknik kancing gemerincing berpengaruh terhadap peningkatan prestasi belajar fisika siswa. Sedangkan hasil analisis data angket respon siswa terhadap model pembelajaran kooperatif teknik kancing gemerincing dalam kegiatan pembelajaran berkategori cukup baik dengan konversi nilai sebesar 73,41%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model pembelajaran kooperatif, teknik kancing gemerincing dan prestasi belajar fisika.
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 05 Jul 2018 01:45
Last Modified: 05 Jul 2018 01:45
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/4973

Actions (login required)

View Item View Item