EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS MODUL TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA MATERI POKOK GERAK PADA SISWA KELAS VII SMPN 2 KOPANG TAHUN PELAJARAN 2009/2010

ERNAWATI, ERNAWATI (2010) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS MODUL TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA MATERI POKOK GERAK PADA SISWA KELAS VII SMPN 2 KOPANG TAHUN PELAJARAN 2009/2010. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi 1.doc
Restricted to Repository staff only

Download (783kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan tujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran berbasis modul terhadap hasil belajar fisika. Populasi penelitian ini sebanyak lima kelas. Sampel penelitian diambil dengan teknik cluster random sampling dengan kelas VII E sebagai kelas eksperimen sebanyak 35 siswa dan kelas VII D sebagai kelas kontrol sebanyak 35 siswa. Dari data tes awal dilakukan uji homogenitas untuk mengetahui bahwa kemampuan kedua kelompok adalah homogen. Hasil analisis data diperoleh Fhitung < Ftabel yaitu 1,29 < 1,80 pada taraf signifikan 5%, dengan demikian kedua sampel adalah homogen. Dari data post-test dilakukan uji normalitas untuk mengetahui pakah data terdistribusi normal atau tidak. Dari hasil analisis data diperoleh < yaitu untukkelas eksperimen 7,08<7,815 dan kelas kontrol 4,25<7,815, dengan demikian data terdistribusi normal. Untuk mengetahui efektivitas pembelajaran berbasis modul terhadap hasil belajar siswa dilakukan dengan uji-t. Dari hasil analisis data diperoleh thitung > ttabel yaitu 3,08>1,76, ini menunjukkan pembelajaran berbasis modul efektif terhadap hasil belajar fisika materi pokok gerak lurus pada siswa kelas VII SMPN 2 Kopang.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): pembelajaran berbasis modul, hasil belajar fisika
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 05 Jul 2018 01:45
Last Modified: 05 Jul 2018 01:45
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/4975

Actions (login required)

View Item View Item