PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBASIS PEMODELAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI SMP NEGERI 20 MATARAM TAHUN AJARAN 2009 / 2010

SURYANINGSIH, ENI (2010) PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBASIS PEMODELAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI SMP NEGERI 20 MATARAM TAHUN AJARAN 2009 / 2010. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
COVER.docx
Restricted to Repository staff only

Download (59kB)
[img] Text
BAB I,II,III,IV dan V.doc
Restricted to Repository staff only

Download (642kB)

Abstract

Guru fisika dalam menyampaikan materi pelajaran fisika guru cenderung menggunakan pendekatan ekspositori, sehingga kurang mengajak siswa terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran dan menjadikan pembelajaran kurang bermakna bagi siswa. Hal tersebut menyebabkan rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa. Oleh sebab itu, peneliti menerapkan pendekatan pembelajaran yang dapat melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran yaitu melalui pendekatan kontekstual berbasis pemodelan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar fisika siswa kelas VIII A SMP Negeri 20 Mataram pada pokok bahasan pesawat sederhana. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam tiga siklus. Tiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi, dan refleksi. Data aktivitas belajar siswa diperoleh dengan cara observasi sedangkan data hasil belajar siswa diperoleh dengan pemberian tes uraian pada akhir tiap siklus. Penerapan pendekatan kontekstual berbasis pemodelan pada penelitian ini dikatakan berhasil apabila 85% siswa mencapai hasil belajar  60, sedangkan aktivitas belajar siswa minimal berkategori aktif. Adapun hasil observasi aktivitas siswa untuk siklus I, II, dan III adalah 13,63; 15,86; dan 18,36 dimana masing-masing berada pada katagori cukup aktif, aktif, dan sangat aktif. Sedangkan ketuntasan klasikal untuk siklus I, II, dan III adalah 54,29%; 67,2%; dan 85,71%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan kontekstual berbasis pemodelan telah berhasil terlaksana dalam upaya meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar fisika siswa pada pokok bahasan pesawat sederhana.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pendekatan Kontekstual, Pemodelan, Aktivitas, dan Hasil belajar
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 05 Jul 2018 01:40
Last Modified: 05 Jul 2018 01:40
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/4979

Actions (login required)

View Item View Item