PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA KELAS VII TATA NIAGA 1 SMPN 5 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2009/2010

ISMAWATI, KARNI (2010) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA KELAS VII TATA NIAGA 1 SMPN 5 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2009/2010. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB I,2,3,4,5.docx
Restricted to Repository staff only

Download (107kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar fisika siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization pada mata pelajaran fisika pokok bahasan gerak di kelas VII Tata Niaga 1 SMP Negeri 5 Mataram tahun pelajaran 2009/2010. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII Tata Niaga 1 SMP Negeri 5 Mataram tahun pelajaran 2009/2010 sedangkan objek penelitiannya adalah prestasi belajar fisika siswa yang diperoleh dari hasil evaluasi di setiap akhir siklus. Dari penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization, pada siklus I diperoleh nilai rata-rata kelas 65.29 dengan ketuntasan klasikal 65.71% dan rata-rata skor aktivitas belajar siswa 17 dengan kategori cukup aktif. Pada siklus II data prestasi dan aktivitas siswa mengalami peningkatan yakni rata-rata kelas sebesar 87.68 dengan ketuntasan klasikal 89.74% dan skor rata-rata aktivitas belajar siswa 33.5 dengan kriteria sangat aktif. Pada siklus III nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 92.09 dengan ketuntasan klasikal 100% dan rata-rata skor aktivitas belajar siswa 39.67 dengan kriteria sangat aktif. Peningkatan prestasi ini diperoleh dari hasil observasi, evaluasi, dan refleksi dari setiap siklus. Pada siklus I, masalah yang muncul secara umum adalah belum adanya kesiapan siswa dalam pembelajaran serta alokasi waktu yang kurang sehingga tidak semua kelompok dapat mempresentasikan hasil diskusinya. Berdasarkan masalah yang muncul pada siklus I, maka pada siklus II peneliti lebih membimbing setiap kelompok dalam berdiskusi sesuai dengan sintaks model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization dan pengurangan bahan diskusi agar waktu untuk presentasi cukup. Pada siklus III, hanya digunakan satu bahan diskusi untuk dua kali pertemuan dan presentasi kelompok dengan waktu dibatasi. Berdasarkan ini, diperoleh model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization yang direkomendasikan untuk meningkatkan prestasi belajar fisika siswa adalah model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization dengan menerapkan 8 komponen pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization dan pada setiap siklus disetiap pertemuan diberikan bahan diskusi yang tidak terlalu banyak.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization, Prestasi Belajar.
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 05 Jul 2018 01:40
Last Modified: 05 Jul 2018 01:40
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/4983

Actions (login required)

View Item View Item