UPAYA MENUMBUHKAN KEMAUAN DAN KEMAMPUAN BERTANYA SISWA MELALUI PENDEKATAN SOSIAL EMOSIONAL DALAM PEMBELAJARAN FISIKA SISWA KELAS VIII-2 MTs NEGERI 1 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2009/2010

USROTI, MUTIA (2010) UPAYA MENUMBUHKAN KEMAUAN DAN KEMAMPUAN BERTANYA SISWA MELALUI PENDEKATAN SOSIAL EMOSIONAL DALAM PEMBELAJARAN FISIKA SISWA KELAS VIII-2 MTs NEGERI 1 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2009/2010. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB I.rtf
Restricted to Repository staff only

Download (23kB)
[img] Text
BAB II.doc
Restricted to Repository staff only

Download (49kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menumbuhkan kemauan dan kemampuan bertanya siswa melalui pendekatan sosial emosional pada pembelajaran fisika siswa kelas VIII-2 MTs Negeri 1 Mataram pada materi pokok usaha dan energi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam tiga siklus. Masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Data kemauan dan kemampuan bertanya siswa diperoleh dengan cara observasi. Pendekatan sosial-emosional pada penelitian ini dikatakan berhasil apabila 50% siswa pada penelitian ini mau dan mampu untuk bertanya. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemauan dan kemampuan bertanya siswa tiap siklusnya, yakni pada siklus 1 sebanyak 0% untuk kategori mau bertanya, siklus II sebanyak 41,17 % siswa mau bertanya dan 60 % siswa berkategori mampu untuk bertanya dan pada siklus III sebanyak 67,64 % siswa mau bertanya dan 83,33 % masuk dalam kategori mampu untuk bertanya. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pendekatan sosial emosional telah berhasil terlaksana dalam upaya menumbuhkan kemauan dan kemampuan bertanya siswa pada materi pokok usaha dan energi.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kemauan dan kemampuan bertanya, pendekatan sosial emosional.
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 05 Jul 2018 01:39
Last Modified: 05 Jul 2018 01:39
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/4985

Actions (login required)

View Item View Item