Mardiwanto, Tri Wira Saka (2010) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK ROTASI TRIO BERGANTI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI SMKN 3 MATARAM TAHUN AJARAN 2009/2010. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
bab1perbaikan2.docx Restricted to Repository staff only Download (26kB) |
|
Text
bab2 perbaikan2.docx Restricted to Repository staff only Download (35kB) |
|
Text
bab3 perbaikan2.docx Restricted to Repository staff only Download (74kB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa melalui penerapan pembelajaran kooperatif teknik rotasi trio berganti. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI TITL tahun pelajaran 2009/2010 sedangkan obyeknya adalah motivasi dan prestasi belajar siswa. Data motivasi belajar siswa dikumpulkan dengan pengisian angket motivasi sedangkan data prestasi belajar siswa diperoleh dari hasil evaluasi di setiap akhir siklus. Pada siklus I diperoleh skor motivasi belajar sebesar 99,37 yang berada dalam kriteria baik dan nilai rata-rata kelas 60,74 dengan persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 68,42 % sedangkan pada siklus II motivasi dan prestasi belajar mengalami peningkatan yaitu skor motivasi belajar adalah 124,13 yang berada pada kriteria sangat baik dan nilai rata-rata kelas 70,42 dengan ketuntasan belajar siswa sebesar 86,84%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif teknik rotasi trio berganti dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar kelas XI SMKN 3 Mataram tahun pelajaran 2009/2010.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Pembelajaran Kooperatif, Rotasi Trio Berganti, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar |
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Rini Trisnawati |
Date Deposited: | 05 Jul 2018 01:39 |
Last Modified: | 05 Jul 2018 01:39 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/4989 |
Actions (login required)
View Item |