PENGARUH ACCELERATED LEARNING DENGAN METODE 4 TAHAP PEMBELAJARAN TERHADAP KETUNTASAN BELAJAR FISIKA SISWA SMP NEGERI 5 MATARAM TAHUN AJARAN 2009/2010

R A H M A W A T I, R A H M A W A T I (2010) PENGARUH ACCELERATED LEARNING DENGAN METODE 4 TAHAP PEMBELAJARAN TERHADAP KETUNTASAN BELAJAR FISIKA SISWA SMP NEGERI 5 MATARAM TAHUN AJARAN 2009/2010. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi jadi.docx
Restricted to Repository staff only

Download (199kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pendekatan Accelerated Learning dengan Metode 4 tahap pembelajaran berpengaruh terhadap ketuntasan belajar fisika siswa kelas VIII di SMP Negeri 5 Mataram tahun ajaran 2009/2010. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan kelas VIII tata niaga sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII otomotif 1 sebagai kelas kontrol. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling, dan uji homogenitas untuk mengetahui bahwa kemampuan kedua kelompok adalah homogen, Data homogen jika Fhitung < Ftabel pada taraf signifikan 5%. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes obyektif untuk mengetahui hasil belajar fisika siswa. Data tes awal siswa diambil dari pre-test untuk mengetahui kemampuan awal kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Data hasil belajar siswa dianalisis dengan uji-t untuk mengetahui pengaruh “pendekatan Accelerated Learning dengan menggunakna metode 4 Tahap Pembelajaran” terhadap ketuntasan belajar fisika siswa. Dari hasil analisis data diperoleh thitung > ttabel yaitu 5,53 > 2,00. Ini menunjukkan terdapat pengaruh “pendekatan Accelerated Learning dengan menggunakna metode 4 Tahap Pembelajaran” terhadap ketuntasan belajar fisika siswa, serta terdapat perbedaan hasil belajar yang cukup berarti antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol pada taraf signifikasi 5%. Dari data hasil belajar dapat dilihat juga ketuntasan klasikal dari kelas eksperimen adalah 91,67% yang termasuk dalam kategori baik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): pendekatan Accelerated Learning, metode 4 Tahap Pembelajaran, ketuntasan belajar.
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 05 Jul 2018 01:39
Last Modified: 05 Jul 2018 01:39
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/4991

Actions (login required)

View Item View Item