PENGARUH PENDEKATAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM) TERHADAP PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 3 LABUAPI TAHUN PELAJARAN 2009/2010

HAMIDI, HAMIDI (2010) PENGARUH PENDEKATAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM) TERHADAP PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 3 LABUAPI TAHUN PELAJARAN 2009/2010. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB I.docx
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img] Text
BAB II.docx
Restricted to Repository staff only

Download (36kB)
[img] Text
bab III.docx
Restricted to Repository staff only

Download (63kB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimental yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar fisika dan respon siswa di SMP Negeri 3 Labuapi, terhadap pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM). Sampel penelitian ini yaitu kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Data prestasi belajar siswa diperoleh dengan menggunakan tes hasil belajar dan data respon siswa dikumpulkan dengan angket. Data prestasi belajar siswa dianalisis menggunakan uji-t dan data respon siswa di analisis menggunakan norma absolut skala lima. Dari hasil analisis menunjukkan bahwa ada perbedaan prestasi belajar fisika siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol pada, taraf signifikansi 5% dengan dk1 = n1 – 1 dan dk2 = n2 – 1 diperoleh thitung= 3,05 dan ttabel= 2,042. Karena thitung > ttabel atau 3,05 > 2,042 maka Ha diterima dan H0 ditolak. Hal ini berarti bahwa pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM) berpengaruh sebesar 18% terhadap peningkatan prestasi belajar siswa. Sedangkan hasil analisis data angket diperoleh bahwa respon siswa positif terhadap pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM) sebesar 70,05 %, yang termasuk dalam kategori baik.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM), Prestasi Belajar.
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 05 Jul 2018 01:38
Last Modified: 05 Jul 2018 01:38
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5002

Actions (login required)

View Item View Item