HAMIDI, HAMIDI (2010) PENGARUH PENDEKATAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM) TERHADAP PRESTASI BELAJAR FISIKA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 3 LABUAPI TAHUN PELAJARAN 2009/2010. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
BAB I.docx Restricted to Repository staff only Download (20kB) |
|
Text
BAB II.docx Restricted to Repository staff only Download (36kB) |
|
Text
bab III.docx Restricted to Repository staff only Download (63kB) |
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian eksperimental yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar fisika dan respon siswa di SMP Negeri 3 Labuapi, terhadap pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM). Sampel penelitian ini yaitu kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Data prestasi belajar siswa diperoleh dengan menggunakan tes hasil belajar dan data respon siswa dikumpulkan dengan angket. Data prestasi belajar siswa dianalisis menggunakan uji-t dan data respon siswa di analisis menggunakan norma absolut skala lima. Dari hasil analisis menunjukkan bahwa ada perbedaan prestasi belajar fisika siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol pada, taraf signifikansi 5% dengan dk1 = n1 – 1 dan dk2 = n2 – 1 diperoleh thitung= 3,05 dan ttabel= 2,042. Karena thitung > ttabel atau 3,05 > 2,042 maka Ha diterima dan H0 ditolak. Hal ini berarti bahwa pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM) berpengaruh sebesar 18% terhadap peningkatan prestasi belajar siswa. Sedangkan hasil analisis data angket diperoleh bahwa respon siswa positif terhadap pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM) sebesar 70,05 %, yang termasuk dalam kategori baik.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM), Prestasi Belajar. |
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Rini Trisnawati |
Date Deposited: | 05 Jul 2018 01:38 |
Last Modified: | 05 Jul 2018 01:38 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5002 |
Actions (login required)
View Item |