Tanggapan mahasiswa dan dosen terhadap pembelajaran berbasis proses berpikir kausalitas dan berpikir analitik dalam perkuliahan fisika

Rokhmat, Joni and Setiawan, Agus (2013) Tanggapan mahasiswa dan dosen terhadap pembelajaran berbasis proses berpikir kausalitas dan berpikir analitik dalam perkuliahan fisika. Jurnal Pijar MIPA, VIII (2). pp. 55-63. ISSN ISSN: 1907-1744; e-ISSN: 2410-1500

[img]
Preview
Text
Dok Lamp C5, Pijar MIPA Sept 2013, 79-151-1-SM.pdf

Download (278kB) | Preview
Official URL: http://dx.doi.org/10.29303/jpm.v8i2.79

Abstract

Telah dikembangkan model pembelajaran berbasis proses berpikir kausalitas dan berpikir analitik (PBK-BA) untuk meningkatkan kemampuan problem-solving (KPS) mahasiswa calon guru fisika. Penelitian ini bertujuan mendesain pembelajaran berbasis PBK-BA dan menentukan pola PBK-BA yang perlu dikembangkan. Penelitian menggunakan metoda mixed method berjenis embedded design one-phase dengan penekanan kualitatif. Dengan taraf kepercayaan 95%, implementasi model pembelajaran ini secara signifikan dapat meningkatkan kemampuan problemsolving (KPS) mahasiswa yang meliputi kemampuan understanding, selecting, differentiating, determining, applying, dan identifying tetapi secara umum peningkatan tersebut pada mahasiswa kelas atas dan bawah tidak berbeda signifikan. Selain itu, pencapaian kemampuan PBK-BA dan KPS mahasiswa masih rendah. Mahasiswa dan dosen sependapat terhadap pernyataan positip dan berpendapat sebaliknya terhadap pernyataan negatip pengembangan PBK-BA. Dari tanggapan bebas mahasiswa menyatakan dengan PBK-BA lebih mengerti konsep fisika, senang, meningkatkan daya pikir, dan dapat belajar fisika secara utuh sedangkan menurut dosen perlu ilustrasi gambar, contoh persoalan yang sudah diselesaikan, persoalan yang real, berjenjang, dan menggunakan persoalan lebih mudah dan sederhana. Hasil penelitian ini merekomendasikan untuk mengembangkan dua pola PBK-BA, yaitu pola standar dan pola yang berscaffolding

Item Type: Article
Keywords (Kata Kunci): Pembelajaran berbasis PBK-BA, KPS, pola PBK-BA standar, pola PBK-BA ber-scaffolding
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Dr. JONI ROKHMAT
Date Deposited: 05 Jul 2018 01:37
Last Modified: 05 Jul 2018 01:37
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5017

Actions (login required)

View Item View Item