Penggunaan Paradigma Gaya-Reaksi dan Pendekatan Analogi untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Gaya Gesek bagi Mahasiswa Calon Guru Fisika (Studi Kasus Perkuliahan Fisika Dasar I)

Rokhmat, Joni (2014) Penggunaan Paradigma Gaya-Reaksi dan Pendekatan Analogi untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Gaya Gesek bagi Mahasiswa Calon Guru Fisika (Studi Kasus Perkuliahan Fisika Dasar I). Jurnal Pijar MIPA, IX (2). pp. 56-61. ISSN ISSN: 1907-1744; e-ISSN: 2410-1500

[img]
Preview
Text
Dok Lamp C6, Pijar MIPA Sept 2014, 45-89-1-SM.pdf

Download (65kB) | Preview
Official URL: http://dx.doi.org/10.29303/jpm.v9i2.45

Abstract

Hasil studi dalam perkuliahan Fisika Dasar I memperlihatkan bahwa mahasiswa calon guru fisika pada umumnya memiliki konsepsi keliru tentang gaya gesek. Konsepsi keliru tersebut meliputi penentuan syarat terjadinya gaya gesek antara dua benda, jenis gaya gesek (statik atau kinetik), arah gaya gesek, serta nilainya. Melalui pembahasan fenomena orang berjalan dan mobil bergerak dengan penggerak roda depan, dan menggunakan pendekatan paradigma gaya gesek sebagai gaya-reaksi dan pendekatan analogi, serta hukum-hukum Newton tentang gerak terbukti dapat mengubah konsepsi keliru mahasiswa tersebut menjadi konsepsi yang benar. Akhir pembelajaran menggunakan dua pendekatan tersebut terbukti mahasiswa memiliki pemahaman gaya gesek yang lebih sempurna, khususnya berkenaan dengan syarat terjadinya gaya gesek, penentuan jenis, arah, dan nilai gaya gesek.

Item Type: Article
Keywords (Kata Kunci): Pendekatan paradigma gaya gesek sebagai gaya-reaksi, pendekatan analogi, serta syarat kemunculan, jenis, arah, dan nilai gaya gesek
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Dr. JONI ROKHMAT
Date Deposited: 05 Jul 2018 01:37
Last Modified: 05 Jul 2018 01:37
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5018

Actions (login required)

View Item View Item