Peningkatan Hasil dan Aktivitas Belajar Siswa SMP Negeri 9 Mataram Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Dengan Metode Pictorial Riddle Pada Materi Alat-Alat Optik Tahun Ajaran 2008/2009

BARIYAH, KHAIRUL (2010) Peningkatan Hasil dan Aktivitas Belajar Siswa SMP Negeri 9 Mataram Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Dengan Metode Pictorial Riddle Pada Materi Alat-Alat Optik Tahun Ajaran 2008/2009. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi BAB I - BAB V.doc
Restricted to Repository staff only

Download (636kB)
[img] Text
Skripsi BAB I - BAB V.doc
Restricted to Repository staff only

Download (636kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan tujuan untuk meningkatkan hasil dan aktivitas belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran inkuiri dengan metode pictorial riddle. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII B semester II tahun ajaran 2008/2009 berjumlah 37 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Untuk mengumpulkan data aktivitas belajar siswa dan guru digunakan lembar observasi, sedangkan data hasil belajar siswa diperoleh melalui tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I ketuntasan belajar siswa mencapai 63,89% dengan rata-rata kelas 60. Sedangkan rata-rata aktivitas belajar siswa 14,54 berkategori cukup aktif. Pada siklus II terjadi peningkatan ketuntasan belajar siswa yaitu 87,88% dengan rata-rata 70,86 serta rata-rata aktivitas belajar siswa mencapai 17,57 berkategori aktif. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri dengan metode pictorial riddle dapat meningkatkan hasil dan aktivitas belajar siswa kelas VIII B SMP Negeri 9 Mataram tahun ajaran 2008/2009.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model Pembelajaran Inkuiri, Pictorial Riddle, Hasil Belajar, Aktivitas Belajar Siswa
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 05 Jul 2018 01:33
Last Modified: 05 Jul 2018 01:33
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5036

Actions (login required)

View Item View Item