IDENTIFIKASI KECERDASAN EMOSIONAL SISWA DALAM MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF FISIKA PADA SMP NEGERI 11 MATARAM TAHUN AJARAN 2008/2009

SUGIARTI, SUGIARTI (2010) IDENTIFIKASI KECERDASAN EMOSIONAL SISWA DALAM MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF FISIKA PADA SMP NEGERI 11 MATARAM TAHUN AJARAN 2008/2009. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
GIE'S SKRIPSI.doc
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif survai, dengan tujuan untuk memperoleh data empiris tentang kecerdasan emosional siswa SMPN 11 Mataram Tahun Ajaran 2008 / 2009. Instrumen penelitian ini terdiri dari 3 bagian berupa: (i) angket kecerdasan emosional karya Goleman (2001), yang memiliki 5 indikator yaitu; (1) kesadaran diri (2) pengaturan diri (3) motivsi (4) empati dan (5) keterampilan social; (ii) pedoman wawancara dan (iii) pedoman pengajaran dan observasi pengelolaan pembelajaran. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas II SMPN 11 Mataram. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling, dan diperoleh hasil berupa Sampel kelas IIb. Hasil penelitian menunjukan bahwa profil kecerdasan emosional yang terdiri atas 5 indikator adalah sebagai berikut: 69,6% untuk kesadaran diri, 72,5% untuk pengaturan diri, 72,6% untuk motivasi, 73,6% untuk empati dan 70,8% untuk keterampilan sosial. Hasil dari wawancara menunjukan bahwa respon siswa beragam terhadap proses pembelajaran kooperatif, dan sebagian besar siswa merespon dengan baik dalam hal guru mengajar menggunakan model kooperatif dan sebagian kecil siswa tidak terlalu menyukai belajar dalam model koopertif.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pembelaaran kooperatif, kecerdasan emosional
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 05 Jul 2018 01:32
Last Modified: 05 Jul 2018 01:32
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5043

Actions (login required)

View Item View Item