PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER UNTUK MENINGKATKAN DAYA SERAP SISWA PADA PEMBELAJARAN FISIKA KELAS IX SMP YATOFA TAHUN AJARAN 2008/2009

EFENDI, ZAENUDIN (2010) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER UNTUK MENINGKATKAN DAYA SERAP SISWA PADA PEMBELAJARAN FISIKA KELAS IX SMP YATOFA TAHUN AJARAN 2008/2009. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB I-V OK.doc
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan daya serap siswa pada pembelajaran fisika melalui penerapan model pembelajaran Advance Organizer di kelas IX SMP YATOFA tahun ajaran 2008/2009. Jenis Penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Tahapan-tahapan dalam penelitian ini meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP YATOFA BODAK. Pengumpulan data menggunakan tes dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, ketuntasan kelasikalnya adalah 68,18%, rata-rata kelas 62,5 dan daya serap 69,44 %, . Selajutnya berdasarkan catatan dan kekurangan yang terdapat pada siklus I dilakukan perbaikan, perbaikan meliputi melalui perbaikan-perbaikan terhadap kekuarangan dan catatan yang terjadi pada siklus I. Adapun hal utama yang menjadi preoritas pada siklus II yaitu memberikan perhatian dan bimbingan kepada siswa yang perhatian terhadap kegitan berlajar masih kurang, meningkatkan keakitfan siswa melalui kegiatan diskusi dan eksperimen. Hasil penelitian Siklus II, ketuntasan kelasikalnya adalah 86,36% dengan rata-rata kelas 69,32 dan daya serap 77,02 %.. Berdasarkan hasil dan data dapat disimpulkan bahwa Penerapan model Pembelajaran Advance Organizer dapat meningkatkan daya serap siswa pada pembeajaran fisika kelas IX SMP YATOFA tahun ajaran 2008/2009.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model Pembelajaran Advance Organizer, Daya Serap Siswa
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 05 Jul 2018 01:32
Last Modified: 05 Jul 2018 01:32
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5044

Actions (login required)

View Item View Item