ANALISIS BENTUK, FUNGSI, DAN MAKNA MANTRA SUKU SASAK DI DESA JELANTIK LOMBOK TENGAH DAN HUBUNGANNYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SLTA

OKTAVIANI SAPUTRI, DIAN (2018) ANALISIS BENTUK, FUNGSI, DAN MAKNA MANTRA SUKU SASAK DI DESA JELANTIK LOMBOK TENGAH DAN HUBUNGANNYA DENGAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SLTA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
JURNAL DIAN PDF.pdf

Download (314kB)

Abstract

Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini yaitu tentang bagaimana Bentuk, Fungsi, dan Makna Mantra Suku Sasak di Desa Jelantik Lombok Tengah dan Hubungannya dengan Pembelajaran Sastra di SLTA. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan bentuk, fungsi, dan makna mantra suku sasak di Desa Jelantik serta kaitkannya dengan pembelajaran sastra di SLTA. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan data berupa mantra yang bersumber dari data primer yakni yang diperoleh langsung dari informan. Data dikumpulkan dengan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan transkripsi. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif-kualitatif dan hermeneutika. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu terdapat 15 mantra suku sasak yang terdiri mantra pengobatan, mantra penolak balak, mantra kebal, mantra penyubur tanaman padi, mantra penarik hati (senggeger), dan mantra pengsihan. Bentuk mantra-mantra tersebut yaitu pantun, karmina dan puisi bebas. Fungsi mantra-mantra tersebut yaitu: (1) Fungsi mantra sebagai cerminan dan proyeksi, (2) Fungsi mantra sebagai alat pengesahan pranata- pranata dan lembaga-lembaga kebudayaan, (3) Sebagai alat pendidikan dan, (4) Sebagai alat pemaksa dan pengawas agar norma-norma masyarakat akan selalu dipatuhi anggota kolektifnya. Makna mantra-mantra tersebut yaitu makna kesembuhan, makna kekuatan, makna perlindungan, makna perasaan, dan makna kesuksesan bertani. Sedangkan kaitan mantra dengan pembelajaran sastra di SLTA sesuai dengan K13 yaitu: (1) Sebagai penunjang pengetahuan siswa mengenai macam-macam jenis bahasa tulis dalam karya sastra, (2) Mengembangkan penafsiran karya sastra serta mengenalkan siswa dengan sejumlah karya sastra yang signifikan, (3) Memperkenalkan tradisi sastra dan peranannya dalam sejarah kemanusiaan secara luas, (4) Mengembangkan standar dan cipta rasa terhadap karya sastra, (5) Perangsang terhadap potensi-potensi karya sastra sebagai kemekaran wawasan terhadap masalah-masalah pribadi dan sosial.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Bentuk, Fungsi, dan Makna Mantra, dan hubungannya dengan pembelajaran sastra di SLTA.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Wiwin Kartikawati
Date Deposited: 05 Jul 2018 01:32
Last Modified: 05 Jul 2018 01:32
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5054

Actions (login required)

View Item View Item