PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA MENGGUNAKAN PERPADUAN MICROSOFT VISUAL BASIC DAN MICROSOFT OFFICE POWERPOINT UNTUK SMP/MTs. KELAS VIII PADA POKOK BAHASAN GAYA

PRATAMA, LALU MARTA GUNA (2011) PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA MENGGUNAKAN PERPADUAN MICROSOFT VISUAL BASIC DAN MICROSOFT OFFICE POWERPOINT UNTUK SMP/MTs. KELAS VIII PADA POKOK BAHASAN GAYA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi L.Marta Guna P.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (752kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian jenis R and D (Research and Development) yang bertujuan untuk menghasilkan sebuah media pembelajaran fisika yang interaktif dan menarik minat siswa sehingga dapat dijadikan sebagai salah satu pilihan bagi guru dalam mengajar. Program yang digunakan dalam pembuatan media ini adalah Microsoft Visual Basic 6.0 dan Microsoft Office Powerpoint 2007. Untuk mengukur kualitas kelayakan dan respon siswa terhadap media ini digunakan angket tertutup. Responden dari penelitian ini adalah ahli bidang studi/media dan siswa kelas VIII D MTs. Al-Aziziyah Kapek Gunung Sari. Data yang diperoleh dari penelitian ini merupakan perhitungan persentase tiap-tiap subvariabel dari aspek yang akan diteliti. Dari hasil analisis, untuk kualitas kelayakan yang dinilai oleh ahli media didapatkan bahwa media ini tergolong dalam kategori Baik (84,17%). Demikian juga hasil angket respon siswa menunjukkan program pembelajaran yang dibuat termasuk dalam kategori Baik (80,13%). Hasil ini menunjukkan bahwa media pembelajaran fisika yang dibuat menggunakan perpaduan Microsoft Visual Basic dan Microsoft Office Powerpoint yang diberi nama Physics Visual Point (PVP) ini layak digunakan sebagai media pembelajaran (memiliki kualitas yang baik).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Media, Physics Visual Point, Kualitas Media Pembelajaran.
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 05 Jul 2018 01:32
Last Modified: 05 Jul 2018 01:32
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5055

Actions (login required)

View Item View Item