PENYIMPANGAN PRINSIP KESANTUNAN TINDAK TUTUR DIREKTIF VERBAL DAN NON-VERBAL DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SEKOLAH MENENGAH ATAS

LINDAYANA, LINDAYANA (2018) PENYIMPANGAN PRINSIP KESANTUNAN TINDAK TUTUR DIREKTIF VERBAL DAN NON-VERBAL DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SEKOLAH MENENGAH ATAS. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Irjeis - Lindayana Mataram University.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penyimpangan prinsip kesantunan berbahasa, khususnya penyimpangan tindak tutur direktif dalam proses pembelajaran di Sekolah Menengah Atas merupakan fenomena yang menarik untuk diteliti dan dikaji dengan tujuan untuk menjelaskan (1) realisasi kesantunan tindak tutur direktif verbal dan non-verbal dalam proses pembelajaran di kelas, (2) jenis penyimpangan prinsip kesantunan berbahasa, serta (3) faktor-faktor yang menyebabkan ketidaksantunan berbahasa. Data dalam penelitian ini adalah tuturan guru dan tuturan siswa, baik secara verbal maupun non-verbal. Penelitian ini merupakan penelitian naturalistik dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik penentuan data menggunakan teknik selektif dengan purposive sampling yang mempertimbangkan konsep teoretik yang digunakan, keinginan pribadi, dan karakteristik empiris. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, rekam, dan catat. Setelah itu, data diidentifikasikan dan dianalisis berdasarkan prinsip kesantunan Leech, jenis penyimpangan prinsip kesantunan, dan teori komunikasi verbal yang disertai dengan wujud non-verbal. Validitas data dilakukan dengan trianggulasi, yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan beberapa hal. (1) Banyak tuturan siswa yang tidak santun dengan melanggar maksim kearifan yang disebabkan oleh dorongan emosi penutur dan hubungan keakraban. (2) Terdapat jenis penyimpangan tunggal dan penyimpangan ganda, dan (3) Faktor-faktor yang menyebabkan ketidaksantunan tuturan direktif verbal dan non-verbal dalam proses pembelajaran di kelas, yaitu penutur atau lawan tutur sengaja menuduh lawan tutur, sengaja berbicara tidak sesuai konteks, protektif terhadap pendapat, dorongan rasa emosi penutur, kritik secara langsung dengan kata-kata kasar, dan hubungan keakraban antara penutur dan lawan tutur.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: kesantunan, bahasa verbal dan non-verbal, tuturan direktif, dan pembelajaran
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Pascasarjana
Depositing User: M Jafar Jafar
Date Deposited: 05 Jul 2018 01:27
Last Modified: 05 Jul 2018 01:27
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5091

Actions (login required)

View Item View Item