INDRIAWATI, BAIQ (2011) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR) TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS VII DI SMPN 7 MATARAM TAHUN AJARAN 2010/2011. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
BAB I - BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (552kB) |
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) terhadap hasil belajar fisika siswa kelas VII di SMPN 7 Mataram tahun ajaran 2010/2011. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 7 Mataram tahun ajaran 2010/2011, sedangkan sampel penelitian adalah kelas VII-5 sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan dengan jumlah siswa 37 orang dan kelas VII-4 sebagai kelas kontrol yang tidak diberi perlakuan dengan jumlah siswa 37 orang. Pengembilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes hasil belajar dan angket respon siswa. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 71 dengan nilai tertinggi 92 dan nilai terendah 46, sedangkan kelas kontrol nilai rata-rata kelas sebesar 61,97 dengan nilai tertinggi 83 dan nilai terendah 33. Dari sebaran angket, diperoleh persentase respon pada kelas eksperimen sebesar 86,38% siswa merespon baik model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR). Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh thitung sebesar 3,33 sedangkan ttabel sebesar 1,67. Karena thitung > ttabel maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR), hasil belajar |
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Rini Trisnawati |
Date Deposited: | 05 Jul 2018 01:02 |
Last Modified: | 05 Jul 2018 01:02 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5114 |
Actions (login required)
View Item |