PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) DENGAN MEMANFAAT- KAN MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA FISIKA SISWA MTs. AL AZIZIYAH KAPEK GUNUNGSARI

Jayanti, Evy Eti (2011) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) DENGAN MEMANFAAT- KAN MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA FISIKA SISWA MTs. AL AZIZIYAH KAPEK GUNUNGSARI. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB I.rtf

Download (103kB)
[img] Text
BAB II.rtf

Download (109kB)
[img] Text
BAB III.rtf

Download (427kB)
[img] Text
BAB 4.docx

Download (34kB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) dengan memanfaatkan media audiovisual terhadap peningkatan prestasi belajar fisika siswa MTs. Al-Aziziyah Kapek Gunungsari khususnya materi gerak lurus. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII yang berjumlah 216 siswa sedangkan sampelnya adalah kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII C sebagai kelas kontrol. Sampel diambil dengan teknik random sampling dengan kelasnya yang diacak. Penelitian ini menggunakan control group pre-test post-test design. Data yang diperoleh berupa prestasi belajar fisika siswa yang dianalisis menggunakan uji-t dua pihak. Dari hasil uji t (uji beda) didapatkan thitung sebesar 3,68 dan ttabel sebesar 2,021 sehingga thitung lebih besar dari ttabel. Hasil ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) dengan memanfaatkan media audiovisual berpengaruh terhadap peningkatan prestasi belajar siswa MTs. Al-Aziziyah Kapek Gunungsari khususnya materi fisika pada pokok bahasan gerak lurus.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pembelajaran kooperatif tipe NHT, media audiovisual, prestasi belajar
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 05 Jul 2018 01:26
Last Modified: 05 Jul 2018 01:26
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5115

Actions (login required)

View Item View Item