Analisis Kompetensi Profesional dan Pedagogi Mahasiswa PPL dalam Implementasi Kurikulum 2013 Pada PSP Fisika Jurusan PMIPA

Harjono, Ahmad and Rokhmat, Joni and Gunada, I Wayan (2015) Analisis Kompetensi Profesional dan Pedagogi Mahasiswa PPL dalam Implementasi Kurikulum 2013 Pada PSP Fisika Jurusan PMIPA. Universitas Mataram, Mataram, Indonesia. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
Dok Lamp C29, Laporan Akhir Penelitian PGMIPA-U 2014.pdf

Download (11MB) | Preview
Official URL: https://drive.google.com/file/d/1dPAI7ZiJbzOcixvc4...

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (l) mengetahui sejauhmana kompetensi profesional dan pedagogik mahasiswa PPL PS. Pendidikan Fisika FKIP Universitas Mataram tahun ajamn 2014/2015 dan (2) mengetahui kemampuan mahasiswa PPL merencanakan dan melaksanakan pembelajaran sesuai tuntutan kurikulum 2013, Analisis kompetensi profesional dan paedagogik mahasiswa PPL PS. Pendidikan Fisika sangat perlu diketahui, karena pada dasarnya profesionalisme calon guru merupakan pekerjaan atau kegiatan yang dilakukan oleh seseorang calon guru dan menjadi sumber penghasilan kehidupan yang memerlukan keahliaq kemahira& atau kecakapan yang memenuhi standar mutu atau norma tertentu serta momerlukan pendidikan profesi. Data hasil kompeGnsi profesional dan paedagogik mahasiswa PPL digunakan untuk pemperbaiki proses perkuliahan dan pengembangan progam studi. Metode penelitian adalah menggabungkan pendekatan kualitatif dengan pendekatan kuantitatif yang dikemas adalam bentuk survei. Dengan survei ini, peneliti bermaksud untuk secara kualitatif menggali, mengkaji, dan mengorganisasikan informasi secara sistematis, mendalam, dan menyeluruh tentang sejauhmana kompetensi profesional dan podagogik mahasiswa PPL PS. Subyek penelitian ini adalah guru pamong yang berjumlah 26 orang dan mahasiswa PPL. Populasi yaitu semua mahasiswa PS Pendidikan Fisika yang melaksanakan PPL pada tahun ajaran 2014D015 berjumlah 37 orang yang berlokasi di Kota Mataram dan Kabupaten Lombok Barat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam mercncanakan pemhldaran' sebagian besar mahasiswa PPL PS Pendidikan Fisika telah mempersiapkan perangkat pembelajaran yang meliputi: silabus, RPP, LKS, media, dan instrumen penilaian. Prosentase keterlaksanaan RPP pembelajaran terpadu dengan pendekatan saintifik yang berorientasi pada kurikulum 2013 adalah 86,27 dengan kategori sangat baik. Kompetensi pedagogik mahasiswa PPL dikategorikan cukup dari aspek pemahaman mahasiswa PPL terhadap peserta didi( peranqmgan dan pelaksanaan pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013, dan kemampuan dalam melakukan evaluasi hasil belajar, tetapi masih kurang dalam mengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan potensi dirinya. Kompetensi profesional mahasiswa PPL PS. Pendidikan Fisika dikategorikan baik dilihat dari penguasaan materi, kemampuan membuka pelajaran, kemampuan bertany4 kemampuan mengadakan variasi pembelajaran, kejelasan dalam penyampaian materi dan menuhry peQiaran tetapi belum mampu dalam pengelolaan kelas dan pengelolaan waklu dalam proses pembelajaran

Item Type: Other
Keywords (Kata Kunci): Kompetensi profesional, kompetensi pedagogik, mahasiswa PPL, prodi pendidikan fisika
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Dr. JONI ROKHMAT
Date Deposited: 05 Jul 2018 01:36
Last Modified: 05 Jul 2018 01:36
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5121

Actions (login required)

View Item View Item