PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS PROSES BERPIKIR KAUSALITAS DAN ANALITIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MAHASISWA CALON GURU Tahun ke-1 dari rencana 3 tahun

Rokhmat, Joni and Marzuki, Marzuki and Hikmawati, Hikmawati and Verawati, Ni Ny Sri Putu (2015) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS PROSES BERPIKIR KAUSALITAS DAN ANALITIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MAHASISWA CALON GURU Tahun ke-1 dari rencana 3 tahun. Universitas Mataram, Mataram, Indonesia. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
Dok Lamp C30, Laporan Akhir Penelitian Stranas 2015.pdf

Download (930kB) | Preview
Official URL: https://drive.google.com/file/d/16I7DNkBsi3Z1baBfj...

Abstract

Penelitian ini merupakan kegiatan tahun pertama dari rencana tiga tahun. Akhir dari tiga tahun proses penelitian ini (2015 s.d. 2017) dihasilkan model baku pembelajaran kausalitik yang meliputi sintak model pembelajaran beserta perangkat pembelajaran pendukungnya seperti set Tugas Pendahuluan (TP), Lembar Kerja Mahasiswa (LKM), dan Buku Ajar Fisika Dasar I dengan Pendekatan Berpikir Kausalitik (PBK), serta contoh Rencana Pelaksanaan Perkuliahan (RPP) untuk model pembelajaran ini. Selain itu, akhir proses tiga tahun penelitian ini juga dihasilkan buku teks model pembelajaran kausalitik. Dalam tahun pertama penelitian ini (2015), luaran penelitian yang telah dikembangkan adalah draf untuk model pembelajaran kausalitik beserta perangkat pendukung yang terdiri dari sebelas TP, 24 LKM, dan Buku Ajar Fisika Dasar I dengan Pendekatan Berpikir Kausalitik yang terdiri atas buku Dosen dan buku Mahasiswa. Selanjutnya dalam tahun kedua penelitian (2016), draf perangkat model pembelajarn kausalitik akan diimplementasikan secara luas pada mahasiswa program studi pendidikan fisika di dua perguruan tinggi, Universitas Mataram (Unram) dan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Mataram. Hasil dari implementasi skala luas ini dijadikan dasar dalam menyusun model baku pembelajaran kausalitik. Karakteristik utama model pembelajaran kusalitik adalah berada pada sintak dan format LKM sebagai perangkat pendukung. Dalam sintak dari model ini terdapat fase pengembangan berpikir kausalitas dan analitik. Proses pembangan berpikir mahasiswa secara mandiri difasilitasi oleh LKM yang dirancang secara khusus. Komponen utama LKM ini adalah fenomena multi-akibat, tabel kausalitas, dan ruang penjelasan. Fenomena multi-akibat memiliki ciri bahwa akibat yang berpeluang terjadi berkenaan dengan kombinasi keadaan atau kondisi dari elemen penyebab dalam fenomena tersebut adalah lebih dari sebuah. Tabel kausalitas diorientasikan sebagai wadah bagi mahasiswa untuk menentukan elemen penyebab dan memprediksi akibat yang berpeluang terjadi terkait dengan fenomena tersebut. Selanjutnya, ruang penjelasan menjadi wadah bagi mahasiswa untuk berargumentasi bagaimana akibat tersebut dapat terjadi dikaitkan dengan keadaan atau kondisi dari masing-masing elemen penyebab. Jadi dalam LKM ini, mahasiswa difasilitasi untuk secara mandiri atau berkelompok untuk mengembangkan kemampuan berpikir kausalitik (berpikir kausalitas dan analitik). Selanjutnya pada fase pembahasan, mahasiswa difasilitasi untuk melakukan penguatan kemampuannya dalam berpikir kausalitik.

Item Type: Other
Keywords (Kata Kunci): model buku pembelajaran kausalitik, buku teks model pembelajaran kausalitik
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Dr. JONI ROKHMAT
Date Deposited: 05 Jul 2018 01:36
Last Modified: 05 Jul 2018 01:36
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5122

Actions (login required)

View Item View Item