Pengembangan Media Tiga Dimensi Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Kecakapan Akademik Siswa Pada Pelaiaran Fisika Di Sekolah Menengah

HIKMAWATI, HIKMAWATI and Rokhmat, Joni and Gunawan, Gunawan (2015) Pengembangan Media Tiga Dimensi Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Kecakapan Akademik Siswa Pada Pelaiaran Fisika Di Sekolah Menengah. Universitas Mataram, Mataram, Indonesia. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
Dok Lamp C33, Laporan penelitian PNBP Tahun 2015.pdf

Download (7MB) | Preview
Official URL: https://drive.google.com/file/d/1Ssn3ktlyxSjQ1f1bl...

Abstract

Penelitian ini bernrjuan rurtuk mengembangkan media tiga dimensi sebagai sebagai upaya unruk meningkatkan kecakapaa akademik siswa pada pelajaran fisika di sekolah menengah. Jenis penelitian ini termasuk penelitian pengembangan dengan menggunakan model four-D (Define, Design, Develop, Disseminate). Pada tahap DeJine telah dilakukan analisis kebutuhan, analisis sisw4 analisis tugas, analisis konsep dan perumusan tujuan pembelajaran rmhrk materi pokok tertentu. Pada tahap Design telah dilakukan perancangan protot,5e media tiga dimensi serta pgrangkat pembelajaran lainnya seperti Silabus, RPP, materi ajar, LKS dan tes kecakapan akademik. Pada tahap Develop telah dihasilkan media tiga dimensi serta perangkat pembelajaran lainnya yang telah direvisi berdasarkan masukan dari Validator. Skor penilaian Validator terhadap media tiga dimensi serta perangkat pembelajaran lainnya berada pada rentang I sampai dengan 4. Yalidatot memberikan skor rutairata 3 yang berarti bahwa kualitas media tiga dimensi serta perangkat pembelajaran lainnya yang dikembangkan layak digunakan karena berada dalam kategori baik dan sedikit revisi. Tahap Disseminate akan dilakukan pada tahun kedua dengan tujuan utuk uji efektivitas penerapan media tiga dimensi serta perangkat pembelajaran lairurya dalam pembelajaran fisika di kelas. Penerapan media tiga dimensi serta perungkat pembelajaran lainnya dikatakan efektif menunjang kegiatan pembelajaran di kelas apabila keterlaksanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, aktivitas sisw4 respon sisw4 dan kecakapan akademik sisw4 minimal berada pada kategori baik.

Item Type: Other
Keywords (Kata Kunci): Media tiga dimensi, kecakapan akademik.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Dr. JONI ROKHMAT
Date Deposited: 05 Jul 2018 01:03
Last Modified: 05 Jul 2018 01:03
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5125

Actions (login required)

View Item View Item