PENGARUH METODE BERCERITA TERHADAP KECERDASAN LINGUISTIK ANAK KELOMPOK B (Studi Eksperimen di Kelompok B di TK Negeri Pembina Mataram)

El Firdausi, Adzahra (2018) PENGARUH METODE BERCERITA TERHADAP KECERDASAN LINGUISTIK ANAK KELOMPOK B (Studi Eksperimen di Kelompok B di TK Negeri Pembina Mataram). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
JURNAL SAYAA.pdf

Download (246kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kecerdasan linguistik anak seperti, kurangnya kemampuan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis yang ada di TK Negeri Pembina Mataram. Hal ini juga dipengaruhi oleh kurangnya metode yang diterapkan oleh guru. Rumusan masalah dari penelitian ini yaitu apakah ada pengaruh metode bercerita terhadap kecerdasan lingustik anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh metode bercerita terhadap kecerdasan linguistik anak kelompok B di TK Negeri Pembina Mataram. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif komparatif dengan pendekatan eksperimen dan menggunakan desain True Experimental Design, yaitu pengukuran pretest sebelum dilakukan tindakan dan pengukuran kecerdasan linguistik dengan postest setelah diberikan tindakan. Populasi dari penelitian ini yaitu keseluruhan dari kelompok B di TK Negeri Pembina Mataram dan sampelnya kelompok B2 sebagai kelompok eksperimen dan kelompok B3 sebagai kelompok kontrol. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dan uji hipotesis. Hasil dari uji normalitas yaitu 55,336>11,070 yang menandakan data tidak berdistribusi normal, kerena Chi Kuadrat hitung lebih besar dari Chi Kuadrat tabel. Teknik analisis selanjutnya yaitu uji hipotesis dengan t-tes. Hasil uji t yang signifikan yaitu dengan nilai thitung>ttabel 6,415>2,074 dengan taraf signifikan 5% dengan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa metode bercerita berpengaruh terhadap kecerdasan linguistik anak kelompok B di TK Negeri Pembina Mataram Tahun Ajaran 2017/2018. Selain itu hasil penelitian menunjukkan kelompok eksperimen mendapatkan nilai rata-rata 27,95 pada pretest dan 42,08 pada posttest dan untuk kelompok kontrol mendapatkan nilai rata-rata 24 pada pretest dan 34 pada posttest. Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat menambah wawasan tentang metode pembelajaran yang dapat membantu menstimulasi kecerdasan linguistik anak.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Metode Bercerita, Kecerdasan Linguistik
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: M Jafar Jafar
Date Deposited: 05 Jul 2018 01:00
Last Modified: 05 Jul 2018 01:00
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5126

Actions (login required)

View Item View Item