The Problem Based Learning Model To Improve The Students’ Critical Thinking Ability

Agus Salim, Agus Salim (2018) The Problem Based Learning Model To Improve The Students’ Critical Thinking Ability. S2 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
Artikel_I2E015001_Agus Salim_MagPend_IPA.pdf

Download (304kB) | Preview

Abstract

Agus salim. 2018. : Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran PBL Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Penguasaan Konsep Biologi Ditinjau dari Kemampuan akademik Peserta didik kelas VII SMPN 1 Masbagik. Tesis Program Studi Magister Pendidikan IPA. Program Pascasarjana Universitas Mataram di bawah Dr. Jamaluddin, MPd. sebagai pembimbing I dan Dr. Harry Soeprianto, M.Si. Sebagai pembimbing II. Abstrak. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning ( PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis dan penguasaan konsep Biologi peserta didik. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasy experiment) dengan desain penelitain Non Equivalent pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Masbagek Tahun Pelajaran 2017/2018. Penentuan sampel dilakukan dengan Teknik simple random sampling. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas VII sebanyak 4 (empat) kelas. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir kritis dalam bentuk soal uraian, Penguasaan konsep biologi dalam bentuk pilihan ganda. Data dianalisis menggunakan teknik uji Anacova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Model PBL berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis dan penguasaan konsep biologi peserta didik yang berkemampuan Akademik Tinggi; (2) Model PBL berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis dan penguasaan konsep biologi peserta didik yang berkemampuan Akademik Rendah; (3) Tidak ada pengaruh interaksi antara model PBL dengan kemampuan akademik perserta didik terhadap kemampuan berpikir kritis dan penguasaan konsep biologi.

Item Type: Thesis (S2)
Keywords (Kata Kunci): PBL, Kemampuan Berpikir Kritis dan Penguasaan konsep Konsep
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana
Depositing User: M Jafar Jafar
Date Deposited: 05 Jul 2018 00:59
Last Modified: 05 Jul 2018 00:59
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5134

Actions (login required)

View Item View Item