PENGARUH LKS BERBASIS INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMPN 8 MATARAM TAHUN AJARAN 2012/2013

YULIANCI, SYAHRIANI (2013) PENGARUH LKS BERBASIS INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMPN 8 MATARAM TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.docx
Restricted to Repository staff only

Download (143kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan LKS berbasis inquiry terhadap hasil belajar fisika. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Mataram tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 341 siswa, sedangkan sampel penelitian adalah siswa kelas VIII G berjumlah 44 siswa sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII H berjumlah 42 siswa sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Random sampling. Data hasil belajar siswa diperoleh dari hasil pre-test dan post-test. Hasil pre-test diperoleh nilai rata-rata kelas untuk kelas eksperimen adalah 52,07, sedangkan untuk kelas kontrol sebesar 55,44. Hasil post-test diperoleh nilai rata-rata kelas untuk kelas eksperimen adalah 69,30, sedangkan untuk kelas kontrol sebesar 64,60. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh thitung sebesar 3,58 sedangkan ttabel sebesar 1,99 pada taraf signifikan 5%, thitung lebih besar dari pada ttabel sehingga dapat disimpulkan bahwa LKS berbasis Inquiry berpengaruh terhadap hasil belajar fisika siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Mataram tahun ajaran 2012/2013.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): LKS, inquiry, hasil belajar.
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 06 Jul 2018 01:03
Last Modified: 06 Jul 2018 01:03
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5151

Actions (login required)

View Item View Item