PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS EKSPERIMEN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMPN 6 PRAYA TIMUR TAHUN AJARAN 2012/2013

HARNIWATI, HARNIWATI (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS EKSPERIMEN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMPN 6 PRAYA TIMUR TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB I-V.docx
Restricted to Repository staff only

Download (316kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran interaktif berbasis eksperimen terhadap prestasi belajar fisika siswa kelas VIII SMPN 6 Praya Timur tahun ajaran 2012/2013. Jenis penelitian yang digunakan adalah true exsperimen dengan desain penelitian pre-test-post-test control group design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 6 Praya Timur. Pengambilan sampel dilakukan secara acak dengan teknik Cluster random sampling. Dengan siswa kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII D sebagai kelas kontrol. Data hasil belajar dianalisis dengan menggunakan uji t dua pihak. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh thitung sebesar 2,89 sedangkan ttabel sebesar 2,00 pada taraf signifikan 5%. Karena thitung lebih besar dari pada ttabel maka terdapat perbedaan penerapan model pembelajaran interaktif berbasis eksperimen dengan model pembelajaran konvensional melalui metode ceramah terhadap prestasi belajar fisika siswa kelas VIII SMPN 6 Praya Timur tahun ajaran 2012/2013.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model pembelajaran interaktif berbasis eksperimen, prestasi belajar
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 06 Jul 2018 01:03
Last Modified: 06 Jul 2018 01:03
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5153

Actions (login required)

View Item View Item