PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PARTISIPATIF MENGGUNAKAN METODE PEMECAHAN MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS VIII SMPN 3 BATUKLIANG TAHUN AJARAN 2012/2013

KUSUMAWATI, ARIE (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PARTISIPATIF MENGGUNAKAN METODE PEMECAHAN MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS VIII SMPN 3 BATUKLIANG TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB I-V.docx
Restricted to Repository staff only

Download (115kB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran partisipatif menggunakan metode pemecahan masalah terhadap hasil belajar fisika siswa SMPN 3 Batukliang Tahun Ajaran 2012/2013. Pengambilan sampel dilakukan melalui teknik cluster random sampling, dengan kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-B sebagai kelas kontrol. Data hasil belajar dianalisis menggunakan uji-t dua pihak dengan rumus uji-t polled varians. Diperoleh thitung 1,66 dan ttabel 2,007 pada dk= 53 dan taraf signifikan 5%. Karena thitung lebih kecil dari ttabel maka Ho diterima dan Ha ditolak. Hal ini berarti bahwa model pembelajaran partisipatif menggunakan metode pemecahan masalah tidak berpengaruh terhadap hasil belajar fisika siswa SMPN 3 Batukliang Tahun Ajaran 2012/2013. Dari hasil tes akhir diketahui nilai rata-rata kelas eksperimen yaitu 54 sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 49 sehingga nilai eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol namun perbedaan nilai kedua sampel tidak terlalu signifikan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model Pembelajaran Partisipatif, Metode Pemecahan Masalah, Hasil Belajar Fisika.
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 06 Jul 2018 01:03
Last Modified: 06 Jul 2018 01:03
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5156

Actions (login required)

View Item View Item