Amnirullah, Lalu (2013) PENGARUH PENERAPAN MODEL TUTORIAL BERBASIS MEDIA KOMPUTER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI OPTIKA GEOMETRIS. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
BAB I.docx Restricted to Repository staff only Download (30kB) |
|
Text
BAB II.docx Restricted to Repository staff only Download (34kB) |
|
Text
BAB III.docx Restricted to Repository staff only Download (72kB) |
|
Text
BAB IV soesen II.docx Restricted to Repository staff only Download (51kB) |
|
Text
BAB V.docx Restricted to Repository staff only Download (16kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model tutorial berbasis media komputer untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi optika geometris. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain pre-test-post-test control group. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X MAN Selong tahun ajaran 2012/2013 sebanyak 217 siswa. Sampel penelitian dengan jumlah siswa 58 orang dengan rincian 30 orang kelas eksperimen dan 28 orang kelas kontrol. Pengambilan sampel dilakukan secara acak dengan teknik random sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 32,00 untuk tes awal dan 73,77 untuk tes akhir, sedangkan pada kelas kontrol nilai rata-rata kelas sebesar 32,62 untuk tes awal dan 67,26 untuk tes akhir. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh thitung sebesar 2,306 sedangkan ttabel sebesar 2,000. Karena thitung lebih besar daripada ttabel maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model tutorial berbasis media komputer berpengaruh terhadap hasil belajar fisika siswa.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Model tutorial, Media komputer, Hasil belajar |
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Rini Trisnawati |
Date Deposited: | 06 Jul 2018 01:03 |
Last Modified: | 06 Jul 2018 01:03 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5159 |
Actions (login required)
View Item |