PENGARUH POST ORGANIZERS BERUPA PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS VIII

MULIANI, MULIANI (2013) PENGARUH POST ORGANIZERS BERUPA PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS VIII. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BISMILLAHIRRAHMANIRRAHIM.docx
Restricted to Repository staff only

Download (156kB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh Post Orgaizers berupa peta konsep terhadap hasil belajar fisika siswa kelas VIII. Waktu penelitian ini dilaksanakan mulai bulan November sampai dengan Desember 2012. Desain penelitian menggunakan Nonequivalent Control Group Design. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik Sampling Purposive Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kediri tahun ajaran 2012/2013. Sampelnya adalah kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Data hasil belajar dianalisis menggunakan uji-t dua pihak dan diperoleh thitung sebesar 8,51 dengn ttabel sebesar 2,04 pada taraf signifikansi 5%. Karena thitung lebih besar dari ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima. Ini berarti bahwa ada pengaruh pemberian post organizers berupa peta konsep terhadap hasil belajar fisika siswa kelas VIII.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Post Organizers, peta konsep, dan hasil belajar.
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 06 Jul 2018 01:03
Last Modified: 06 Jul 2018 01:03
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5160

Actions (login required)

View Item View Item