UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA MELALUI PENINGKATAN SELF-EFFICACY SISWA DENGAN PENERAPAN METODE COOPERATIVE SCRIPT PADA SISWA SMP NEGERI 7 MATARAM TAHUN AJARAN 2012-2013

AULIYA, MUHAMMAD (2013) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA MELALUI PENINGKATAN SELF-EFFICACY SISWA DENGAN PENERAPAN METODE COOPERATIVE SCRIPT PADA SISWA SMP NEGERI 7 MATARAM TAHUN AJARAN 2012-2013. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB I.docx
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)
[img] Text
BAB II.docx
Restricted to Repository staff only

Download (26kB)
[img] Text
BAB III.docx
Restricted to Repository staff only

Download (65kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (51kB)
[img] Text
BAB V.docx
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar fisika dengan peningkatan self-efficacy siswa dengan penerapan metode cooperative script. Subyek penelitian siswa kelas VIII.5 SMP Negeri 7 Mataram tahun pelajaran 2012/2013, obyeknya hasil belajar fisika pada pokok bahasan pemantulan cahaya dan pembiasan cahaya. Pembelajaran dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, serta tahap refleksi. Data hasil belajar siswa diperoleh dari pemberian evaluasi disetiap akhir siklus. Pada siklus I diperoleh persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 74,42% dengan skor rata-rata aktivitas belajar siswa sebesar 18,50 yang berada dalam kriteria aktif dan nilai rata-rata kelas 73,81 sedangkan pada siklus II ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan menjadi 83,37% dengan aktivitas belajar siswa menjadi sebesar 20,67 yang berada pada kriteria sangat aktif dan nilai rata-rata 81,06. Dapat disimpulkan bahwa usaha peningkatan self-efficacy siswa dengan penerapan metode cooperative script terhadap hasil belajar fisika siswa meningkat di SMP Negeri 7 Mataram tahun 2012/2013.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Self-efficacy dan Hasil belajar.
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 06 Jul 2018 01:03
Last Modified: 06 Jul 2018 01:03
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5162

Actions (login required)

View Item View Item