KEGIATAN BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK NEGERI PEMBINA MATARAM (studi pengembangan di Kelompok B3 TK Negeri Pembina Mataram)

RIRIN DAMAYANTI, RIRIN DAMAYANTI (2018) KEGIATAN BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK NEGERI PEMBINA MATARAM (studi pengembangan di Kelompok B3 TK Negeri Pembina Mataram). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
jurnall.pdf

Download (749kB) | Preview

Abstract

Penelitianinidilatarbelakangiolehhasilobservasi di TK Negeri PembinaMataramterkaitdengankecerdasan interpersonal anak.Kecerdasan interpersonal anakbelumberkembang optimal sepertianakkurangdalamkemampuanbekerjasama, kemampuanberempatipada orang lain, kemampuanbertemanataumenjalinhubungan, dankemampuanmenjadipemimpin. Perkembangan optimal akanbisadilakukandenganmenggunakanmetodekegiatanbermainperan. Sehinggarumusanmasalahdaripenelitianiniadalahbagaimanakegiatanbermainperanuntukmeningkatkankecerdasan interpersonal anakusia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina Mataram. Untukmenyelesaikanmasalahinimakapenelitianinibertujuanuntukmengetahuikegiatanbermainperan yang tepatuntukmeningkatkankecerdasan interpersonal anakusia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina Mataram. Subjekpenelitianiniadalahsiswakelompok B3 di TK Negeri Pembina Mataram, dimanajumlahsiswanyasebanyak 19 anak.Jenispenelitianiniadalahpenelitianpengembangandengan III tahapanpengembangan, yang masing-masingpengembanganterdiridariperencanaan, pelaksanaan, observasi, dananalisispengembangan.Data penelitiantentangkecerdasaninerpersonalanakdikumpulkandenganmetodeobservasi, dandokumentasiserta instrument menggunakanlembarobservasi.Data yang diperolehdianalisismenggunakanmetodeanalisiskuantitatifdeskriptif. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwalangkah-langkahbermainperandapatmeningkatkankecerdasan interpersonal anak, dapatdilihatpadatahappengembangan I mencapai rata-rata 50%, sedangkanpadatahappengembangan II mulaimengalamipeningkatandengannilai rata-rata mencapai63,4%. Serta meningkatsecara optimal padatahappengembangan III denganpersentase 85,7%. Hasilpenelitianini di sarankankepadapengelolasekolah, guru, danpeneliti lain bisamengambambilmanfaatdarikegiatanbermainperan. Dengandemikianhasilpenelitiantersebutdapatdisimpulkanbahwadengankegiatanbermainperan yang dilakukandenganlangkah-langkah yang tepatdapatmengembangkankecerdasan interpersonalanakusia 5-6 tahun di TK Negeri PembinaMataram.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci :Kecerdasan Interpersonal, BermainPeran
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: M Jafar Jafar
Date Deposited: 06 Jul 2018 01:02
Last Modified: 06 Jul 2018 01:02
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5171

Actions (login required)

View Item View Item