PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DENGAN METODE EKSPERIMEN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMPN 2 GUNUNGSARI TAHUN AJARAN 2014/2015

HAMIDA, SARIFA HADIJATUL (2015) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DENGAN METODE EKSPERIMEN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMPN 2 GUNUNGSARI TAHUN AJARAN 2014/2015. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB)
[img] Text
BAB II revisi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (144kB)
[img] Text
BAB III (Repaired).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (460kB)
[img] Text
BAB IV edit3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (427kB)
[img] Text
BAB V edit1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)

Abstract

Pembelajaran dengan menggunakan metode konvensional kurang menarik perhatian siswa, sehingga siswa menjadi kurang aktif dan kurang memperhatikan penjelasan guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan metode eksperimen terhadap hasil belajar IPA-Fisika siswa kelas VII SMPN 2 Gunungsari tahun ajaran 2014/2015 pada materi pokok kalor. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian Randomized Posttest-Only Control Group Design. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik cluster random sampling, sehingga diperoleh kelas VII C dengan jumlah siswa 21 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B dengan jumlah siswa 21 orang sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes berbentuk multiple choice dengan empat alternatif jawaban yang mempertimbangkan validitas, reliabilitas, daya beda dan taraf kesukaran soal. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa nilai rata-rata posttest kelas eksprimen adalah 74.29 dan kelas kontrol sebesar 58.57, kedua kelas terdistribusi normal dan homogen. Data posttest dianalisis dengan menggunakan uji-t dua pihak dan diperoleh

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model pembelajaran inkuiri terbimbing, metode eksperimen, hasil belajar.
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 06 Jul 2018 01:01
Last Modified: 06 Jul 2018 01:01
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5188

Actions (login required)

View Item View Item