Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika dengan Pendekatan Saintifik dan Model Siklus Belajar 5E sebagai upaya Meningkatkan Kecakapan Hidup Siswa MA di KKM 2 Lombok Barat (Tahun ke-2 dari rencana 2 tahun)

Hikmawati, Hikmawati and Rokhmat, Joni and Sutrio, Sutrio (2016) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika dengan Pendekatan Saintifik dan Model Siklus Belajar 5E sebagai upaya Meningkatkan Kecakapan Hidup Siswa MA di KKM 2 Lombok Barat (Tahun ke-2 dari rencana 2 tahun). Universitas Mataram, Mataram, Indonesia. (Unpublished)

[img]
Preview
Text
Dok Lamp C36, Laporan penelitian Hibah Bersaing Tahun 2016.pdf

Download (7MB) | Preview
Official URL: https://drive.google.com/file/d/1LYXRVoXaM71WhzY6E...

Abstract

Tujuan penelitian pada tahun kedua ini adalah untuk melakukan uji efektivitas perangkat pembelajaran fisika dengan pendekatan saintifik dan model siklus belajar 5E (Engage, Explore, Explain, Elaborate, Evaluate) sebagai upaya meningkatkan kecakapan hidup siswa Madrasah Aliyah di KKM 2 Lombok Barat. Pada tahun pertama telah dihasilkan Teknologi Tepat Guna berupa perangkat pembelajaran untuk materi pokok Listrik Dinamis yang telah divalidasi dan siap digunakan di kelas X semester II. Perangkat pemklajaran tersebut terdiri atas: Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Materi Ajar, Lembar Eksperimen Siswa, Media Tiga Dimensi, dan Tes Kecakapan Hidup (bidang Akademik). Hasil pengembangan perangkat pada tahun pertama tersebut telah diseminarkan pada pertemuan intemasional yakni ICMSE (Intemational Conference on Mathematics, Science and Education) yang diselenggarakan oleh Universitas Matamm tanggal 4 dan 5 Nopember 2015. Model pengembangan perangkat pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah model 4D @efine, Design, Develop, Disseminate). Tiga tahap sudah dilakukan pada ',ahun pertam4 sedangkan tahap terakhir (Disseminate) sudah dilakukan pada tahun kedua ini yaitu untuk uji efektivitas perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan. Rancangan untuk uji efeltivitas perangkat pembelajaran rnenggunakan One Group Pretest-Postest Design karena hanya menggunakan satu kelompok saja tanpa adanya kelompok pembanding. Hasil penelitian tahun kedua telah diseminarkan pada ICSSE 2016 tanggal 12 Nopember 2016 di Unesa (Surabaya) dengan prosiding ISSN: 9772541575002, dan publikasi dalam jumal "lndonesian Joumal of Science Education". Luaran tambahan berupa buku teks berjudul Model Siklus Belajar 5E, ISBN: 978-602-6800-29-9 dan HKI berupa Desain Industri dengan judul: "Media Tiga Dimensi Listrik Dinamis". Hasil pingamatan pelaksanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran oleh guru memperoleh nilai rata-rata 3,38 berada pada kategori sangat baik, aktivitas belajar siswa memperoleh nilai rata-rata 3,03 berada pada kategori sangat bailq dan hasil belajar siswa memperoleh nilai rata-rata 76 &ra& pada kategori bagus. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan efektif menunjang kegiatan pada pembelajaran fisika di SMA,/MA.

Item Type: Other
Keywords (Kata Kunci): perangkat pemb€lajran, pendekatan saintifik, model siklus belajar, kecakapan hidup
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Dr. JONI ROKHMAT
Date Deposited: 06 Jul 2018 00:59
Last Modified: 06 Jul 2018 00:59
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5211

Actions (login required)

View Item View Item