PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAHBERBANTUAN SIMULASI VIRTUAL TERHADAPPENGUASAANKONSEP DAN KREATIVITAS FISIKASISWA KELAS X SMAN 2 MATARAM TAHUN AJARAN 2015/2016 SKRIPSI

DEWI, SHINTA MUTIARA (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAHBERBANTUAN SIMULASI VIRTUAL TERHADAPPENGUASAANKONSEP DAN KREATIVITAS FISIKASISWA KELAS X SMAN 2 MATARAM TAHUN AJARAN 2015/2016 SKRIPSI. S1 thesis, Universitas Mataram.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan konsep dan kreativitas fisika siswa dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan simulasi virtual untuk siswa kelas X SMAN 2 Mataram Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain non-equivalent control group design pada materi gelombang elektromagnetik. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data penguasaan konsep dan kreativitas. Data N-gain penguasaan konsep setelah dilakukan pembelajaran berbasis masalah berbantuan simulasi virtual diolah dengan menggunakan uji-t dengan taraf signifikan 5%. Hasil uji N-gain menunjukkan bahwa penguasaan konsep mengalami peningkatan pada setiap sub materi dan peningkatan tertinggi pada sub materi teori gelombang elektromagnetik. Nilai N-gain kelas eksperimen termasuk dalam kategori tinggi (71%) dan kelas kontrol dalam kategori sedang (53%). Uji-t menunjukkan bahwa model yang diterapkan memberikan pengaruh yang signifikan pada peningkatan penguasaan konsep dan kreativitas siswa, lebih tinggi pada kelas eksperimen dibandingkan dengan kelas kontrol. Peningkatan kreativitas figural lebih tinggi dibandingkan dengan kreativitas verbal pada kedua kelas.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pembelajaran berbasis masalah, simulasi virtual, penguasaan konsep, kreativitas.
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 06 Jul 2018 00:57
Last Modified: 06 Jul 2018 00:57
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5222

Actions (login required)

View Item View Item