PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN POE (PREDICTION-OBSERVATION-EXPLAINATION) BERBANTUAN LKS TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA

HIKMAWATI, HIKMAWATI (2016) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN POE (PREDICTION-OBSERVATION-EXPLAINATION) BERBANTUAN LKS TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img]
Preview
Text
jurnal.pdf

Download (574kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran POE (prediction-observation-explaination) berbantuan LKS terhadap hasil belajar fisika siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Mataram tahun pelajaran 2016/2017 berjumlah 353 siswa yang terbagi dalam 9 kelas. Sampel penelitian ini yaitu kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 5 sebagai kelas kontrol dengan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian untuk hasil belajar aspek kognitif berupa tes pilihan ganda yang telah diuji validitas, reliabilitas, taraf kesukaran, dan daya beda soal. Instrumen untuk hasil belajar aspek afektif dan psikomotorik siswa berupa lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata siswa hasil tes awal yaitu 45,58 (kelas eksperimen) dan 44,59 (kelas kontrol). Nilai rata-rata siswa hasil tes akhir yaitu 66,83 (kelas eksperimen) dan 59,00 (kelas kontrol). Uji hipotesis menggunakan uji parametrik (uji-t) dengan rumus t-test polled varians. Hasil perhitungan uji-t diperoleh thitung lebih besar dari ttabel pada taraf signifikasi 5% dengan derajat kebebasan (dk) 75 (thitung= 2,53 dan ttabel = 1,66), sehingga H0 ditolak. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran POE (prediction-observation-explaination) berbantuan LKS terhadap hasil belajar fisika siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model pembelajaran POE (prediction-observation-explaination), LKS, hasil belajara fisika.
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 06 Jul 2018 00:57
Last Modified: 06 Jul 2018 00:57
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5223

Actions (login required)

View Item View Item