PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN METODE EKSPERIMEN TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA

THARADIVA, NADIA (2016) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN METODE EKSPERIMEN TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA. S1 thesis, Universitas Mataram.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning dengan metode eksperimen terhadap hasil belajar, pengaruh motivasi terhadap hasil belajar, dan interaksi model pembelajaran dengan metode eksperimen serta motivasi belajar terhadap hasil belajar fisika. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan bentuk desain penelitian yaitu desain faktorial 2×2. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 1 Gunungsari sebanyak dua kelas dengan teknik pengambilan sampel yakni purposive sampling. Ada dua sampel penelitian yang diambil yakni kelas X6 sebanyak 34 siswa sebagai kelas eksperimen yang diberikan perlakuan dengan model discovery learning dengan metode eksperimen dan kelas X7 sebanyak 33 siswa sebagai kelas kontrol dengan model discovery learning tanpa metode eksperimen. Teknik analisis data menggunakan uji anava dua jalur yang dilanjutkan dengan uji n-gain untuk membandingkan peningkatan pengaruh antara kelas eksperimen dan kelas kontrol pada setiap sub materi dan sub indikator motivasi. Berdasarkan hasil uji anava dua jalur, pada Ha1 memiliki nilai signifikansi 0,000 < 0,05; Ha2 memiliki nilai signifikansi 0,000 < 0,05; dan Ha3 memiliki nilai signifikansi 0,369 > 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model discovery learning dengan metode eksperimen terhadap hasil belajar siswa, terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa, dan tidak ada interaksi model discovery learning dengan metode eksperimen dan motivasi belajar terhadap hasil belajar fisika.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Discovery Learning, Metode Eksperimen, Motivasi, dan Hasil Belajar
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 06 Jul 2018 00:57
Last Modified: 06 Jul 2018 00:57
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5224

Actions (login required)

View Item View Item