Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Metode Eksperimen terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI IPA SMAN 2 Mataram Tahun Pelajaran 2016/2017

Wahyuni, Roni (2016) Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Metode Eksperimen terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI IPA SMAN 2 Mataram Tahun Pelajaran 2016/2017. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
JURNAL.docx
Restricted to Repository staff only

Download (46kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan metode eksperimen terhadap hasil belajar fisika siswa kelas XI IPA SMAN 2 Mataram tahun pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain penelitian pretestposttest control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPA dengan sampel kelas XI IPA 7 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 9 sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel ini menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data hasil belajar dilakukan dengan teknik tes pilihan ganda. Nilai rata-rata kelas ekperimen yang diperoleh yakni 77,00 sedangkan untuk kelas kontrol sebesar 65, 65. Nilai N-gain tertinggi paling tinggi pada sub materi sifat elastisitas bahan yaitu pada kelas kontrol sebesar 51% dan pada kelas eksperimen sebesar 88%. Uji statistik yang digunakan yaitu t-test polled varians dengan taraf signifikan 5%, dan hasilnya diperoleh thitung sebesar 6,27 dan nilai ini lebih besar dari ttabel (ttabel=1,993) dengan dk = 74. Dengan demikian, Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan metode eksperimen terhadap hasil belajar fisika siswa kelas XI IPA SMAN 2 Mataram tahun pelajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pembelajaran inkuiri terbimbing, metode eksperimen, hasil belajar
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 06 Jul 2018 00:57
Last Modified: 06 Jul 2018 00:57
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5229

Actions (login required)

View Item View Item