PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA PEMBELAJARAN DENGAN METODE PRAKTIKUM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR KIMIA MATERI POKOK HIDROLISIS GARAM PADA SISWA KELAS XI MIA SMAN 4 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2015/2016

AROFA, MIA BUDI (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA PEMBELAJARAN DENGAN METODE PRAKTIKUM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR KIMIA MATERI POKOK HIDROLISIS GARAM PADA SISWA KELAS XI MIA SMAN 4 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2015/2016. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
mia budi arofa e1m012038.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing pada pembelajaran dengan metode praktikum terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kimia materi pokok hidrolisis garam pada siswa kelas XI MIA SMAN 4 Mataram tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian quasi exsperiment dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI MIA SMA Negeri 4 Mataram dan pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran inkuir untuk kelas eksperimen dan model pembelajaran konvensional untuk kelas kontrol.Variable terikat dalam penelitian ini adalah kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Teknik analisis data menggunakan Mann-Whitney U-Test untuk hipotesis pertama dan uji anakova untuk hiotesis kedua. Hasil uji hipotesis pertama Zhitung (1,92) < Ztabel (1,96) maka Ha1 ditolak dan H01 diterima. Hasil uji hipotesis kedua Fhitung(7,43) > Ftabel (4,06) maka Ha2 diterima dan H02 ditolak. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri terbimbing pada pembelajaran dengan metode praktikum tidak berpengaruh lebih baik terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI MIA SMAN 4 Mataram tahun pelajaran 2015/2016 pada materi pokok hidrolisis garam dan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada pembelajaran dengan metode praktikum memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap hasil belajar kimia materi pokok hidrolisis garam pada siswa XI MIA SMAN 4 Mataram tahun pelajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Inkuiri terbimbing, metode praktikum, kemampuan berpikir kritis, hasil belajar, materi hidrolisis garam.
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 06 Jul 2018 00:56
Last Modified: 06 Jul 2018 00:56
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5238

Actions (login required)

View Item View Item