PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN LEMBAR KERJA BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA KELAS X SMA NEGERI 1 KEDIRI

FAHMIDANI, YUYUM (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN LEMBAR KERJA BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA KELAS X SMA NEGERI 1 KEDIRI. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
YUYUM FAHMIDANI e1m012070.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar kimia siswa kelas X SMA Negeri 1 Kediri tahun pelajaran 2015/2016 pada materi konsep oksidasi reduksi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain kelompok kontrol non ekuivalen prates-paska-tes. Populasi penelitian adalah 115 orang siswa kelas X yang terbagi dalam lima kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purporsive sampling dengan pertimbangan jadwal pelajaran agar kedua kelas memperoleh jumlah pertemuan yang sama. terpilih kelas X A sebagai kelas eksperimen yang diberikan perlakuan berupa penerapan model pembelajaran berbasis masalah dengan bantuan lembar kerja siswa (LKS) berbasis masalah dan kelas X B sebagai kelas kontrol yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung . Data hasil belajar siswa yang dikonversi menjadi nilai logit menggunakan pemodelan Rasch didapatkan nilai rata-rata prates siswa dalam bentuk logit pada kelas eksperimen dan kelas kontrol secara berurutan adalah -6,09 dan -2,71 sedangkan nilai rata-rata paska-tes siswa adalah -2,68 dan -0,21. Uji hipotesis dengan menggunakan uji ANACOVA diperoleh Fhitung 4,53 > Ftabel 4,08, maka Ha diterima dan H0 ditolak. Secara statistik penerapan model pembelajaran berbasis masalah dengan lembar kerja berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar kimia materi pokok konsep oksidasi reduksi pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Kediri. Model pembelajaran berbasis masalah meningkatkan ketertarikan siswa dalam pembelajaran, melatih siswa untuk menyelesaikan masalah dan membuat siswa memahami materi dengan lebih baik sehingga meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model pembelajaran berbasis masalah, LKS berbasis masalah, hasil belajar dan konsep oksidasi reduksi
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 06 Jul 2018 00:54
Last Modified: 06 Jul 2018 00:54
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5241

Actions (login required)

View Item View Item