PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X IPA SMAK KESUMA MATARAM TAHUN AJARAN 2015/2016

MUTMAYANI, ADRIYAN (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X IPA SMAK KESUMA MATARAM TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH -adriyan mudmayani.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis masalah terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa materi larutan elektrolit non elektrolit pada siswa kelas X IPA SMAK Kesuma Mataram tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian quasi exsperiment dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMAK Kesuma Mataram sebanyak 92 orang siswa, dan pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling. Penentuan kelas didasarkan pada uji homogenitas data awal dari sekolah dan hasil diskusi dengan guru mata pelajaran kimia kelas X IPA SMAK Kesuma Mataram. Kelas yang di jadikan sampel adalah kelas X IPA 3sebagai kelas eksperimen yang diberikan pembelajaran berbasis masalah, dan X IPA 1 sebagai kelas kontrol yang diberikan pembelajaran secara konvensional (ceramah dan tanya jawab). Data penelitian keterampilan berpikir kritis dianalisis menggunakan Uji t. Berdasarkan analisis diperoleh thitung sebesar 1,84 sedangkan ttabel pada taraf signifikan 5% sebesar 1,67, sehingga Fhitung>Ftabel. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis antara siswa yang diajarkan dengan pembelajaran berbasis masalah dengan pembelajaran konvensional. Adapun data penelitian hasil belajar dianalisis menggunakan uji anakova dimana diperoleh Fhitung= 0,95 sedangkan F table pada taraf signifikan5% dengan db = 1 : 57 adalah 4,00. Sehingga Fhitung<Ftabel. Hal ini menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajarkan dengan pembelajaran berbasis masalah dan siswa yang diajarkan dengan model konvensional.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Keterampilan BerpikirKritis, HasilBelajar, Larutan Elektrolit non elektrolit
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 06 Jul 2018 00:51
Last Modified: 06 Jul 2018 00:51
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5254

Actions (login required)

View Item View Item