PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) MENGGUNAKAN PETA KONSEP TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI HIDROLISIS GARAM KELAS XI SMAN 5 MATARAM TAHUN AJARAN 2015/2016

HIDAYATI, MAULIDIANA (2016) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) MENGGUNAKAN PETA KONSEP TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI HIDROLISIS GARAM KELAS XI SMAN 5 MATARAM TAHUN AJARAN 2015/2016. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi MAULIDIANA HIDAYATI E1M012036.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis proyek yang dipadukan dengan peta konsep terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas XI SMAN 5 Mataram pada materi pokok hidrolisis garam. Jenis penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan desain kelompok kontrol non-ekuivalen. Subyek penelitian terdiri dari siswa kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 1 sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Data diperoleh dengan menggunakan pretest yang dilakukan di awal pembelajaran dan posttest yang dilaksanakan pada pertemuan akhir untuk menghitung tingkat berpikir kreatif siswa melalui statistik N-gain. Kemampuan berpikir kreatif siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol diukur melalui uji statistik N-Gain keseluruhan serta perindikator berpikir kreatif yaitu kefasihan, keluwesan, kerincian dan keaslian. Uji t digunakan untuk menguji hipotesis penelitian, dengan pendekatan kurva normal Z yang dilakukan pada data N-gain keseluruhan. Data kedua kelas menunjukkan bahwa tingkat berpikir kreatif siswa kelas eksperimen berada pada kategori tinggi yaitu 0,74 dan kategori sedang untuk kelas kontrol atau sebesar 0,49. Hasil uji hipotesis N-gain pada taraf signifikan 5% diperoleh Zhitung (5,77) > Ztabel (0,68) yang berarti Ha pada penelitian ini diterima atau Ho ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis proyek yang dipadukan dengan peta konsep berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas XI SMAN 5 Mataram pada materi hidrolisis garam. Analisis hasil perhitungan uji statistik N-Gain perindikator menunjukkan tiga dari empat indikator berpikir kreatif memiliki data yang signifikan yaitu pada indikator. kefasihan, keluwesan dan kerincian. Artinya penerapan model pembelajaran berbasis proyek yang dipadukan dengan peta konsep berpengaruh terhadap pengembangan tiga indikator berpikir kreatif tersebut.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Pembelajaran berbasis proyek, peta konsep, berpikir kreatif, hidrolisis garam
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 06 Jul 2018 00:52
Last Modified: 06 Jul 2018 00:52
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5258

Actions (login required)

View Item View Item