ANALISIS KEMAMPUAN METAKOGNITIF SISWA PADA PEMBELAJARAN KIMIA MATERI HIDROLISIS GARAM KELAS XI IPA SMAN 7 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2015/2016

ANGGRENI, NILA (2016) ANALISIS KEMAMPUAN METAKOGNITIF SISWA PADA PEMBELAJARAN KIMIA MATERI HIDROLISIS GARAM KELAS XI IPA SMAN 7 MATARAM TAHUN PELAJARAN 2015/2016. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI NILA ANGGRENI (E1M012045).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian deskriptif ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan metakognitif siswa dan mengetahui urutan kontribusi indikator metakognitif terhadap kemampuan metakognitif siswa pada pembelajaran kimia materi hidrolisis garam kelas XI IPA SMAN 7 Mataram tahun pelajaran 2015/2016. Metode pengumpulan data dengan cara memberikan angket atau inventori kepada siswa untuk mengukur kemampuan metakognitifnya, dalam hal ini peneliti memberikan inventori kesadaran metakognitif / MAI (Metacognitive Awareness Inventory). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan metakognitif siswa kelas XI IPA SMAN 7 Mataram tergolong dalam tingkatan yang sudah berkembang baik ( > 60). Sebanyak 17 siswa memiliki kemampuan metakognitif berkembang sangat baik (BSB), sebanyak 43 siswa memiliki kemampuan metakognitif berkembang baik (BB) dan sebanyak 10 siswa memiliki kemampuan metakognitif mulai berkembang (MB). Kontribusi yang diberikan oleh masing – masing indikator secara berturut – turut yakni indikator strategi debugging sebesar 56%, indikator pengetahuan kondisional sebesar 48%, indikator memantau pemahaman sebesar 40%, indikator pengetahuan prosedural sebesar 37%, indikator pengelolaan informasi sebesar 36%, indikator perencanaan sebesar 30%, indikator evaluasi sebesar 27% dan terakhir, indikator pengetahuan deklaratif sebesar 25%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kemampuan metakognitif, hidrolisis garam.
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 06 Jul 2018 00:59
Last Modified: 06 Jul 2018 00:59
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/5260

Actions (login required)

View Item View Item